“Implementasi Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily Bangsalsari Jember”

Fikriyah, Lutfiatul (2018) “Implementasi Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily Bangsalsari Jember”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lutfiatul Fikriyah_084 141 322.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kitab kuning merupakan kekhasan pesantren sebagai salah satu institusi pendidikan Islam atau sebagai andalan dalam dunia pendidikannya. Dalam penerapan kitab kuning terdapat banyak beberapa metode untuk menguasai dan memahami pembelajaran kitab kuning. Metode yang paling umum dalam pembelajaran kitab kuning adalah metode soragan dan wetonan. Akan tetapi di Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily menggunakan metode yang dikenal dengan metode Al-Miftah Lil Ulum. Berdasarkan keterangan tersebut maka peneliti ingin meneliti metode baru, dengan judul “Implementasi Metode AlMiftah Lil Ulum Dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily Bangsalsari Jember.” Fokus penelitian pada skripsi ini ada dua yang disebutkan sebagai berikut :1. Bagaimana Pelaksanaan Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily Bangsalsari Jember.? 2. Bagaimana Evaluasi Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily Bangsalsari Jember.? Metode penelitian pada skripsi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dalam menentukan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Sedangkan metode dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mengambil sumber data dari pengasuh pondok pesantren, Kepala madrasah,ustadz/dzah, Santri. Adapun analisa data dalam penelitian ini yaitu reduction data, display data, dan verifikasi. Dan keabsahan data digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil yang didapat dari penelitian yang telah dilakukan di Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily Bangsalsari Jember adalah.1. Pelaksanaan Pembelajaran kitab kuning yang ada di Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily dengan menggunakan Metode Al-Miftah Lil Ulum dilaksanakan pada pembelajaran nahwu di tingkat madrasah diniyah kelas lima dan enam. 2. Evaluasi Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Ahlul Irfan Al-Kholily memiliki beberapa tahap yaitu pelaksanaan dalam pembelajaran kitab kuning di waktu sekolah madrasah diniyah dan evaluasi menggunakan Imtihan Dauri (IMDA).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:53
Last Modified: 27 Mar 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21015

Actions (login required)

View Item View Item