Dampak Motivasi Berjilbab dalam Perilaku Keagamaan Siswi Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Maisaroh, Siti (2015) Dampak Motivasi Berjilbab dalam Perilaku Keagamaan Siswi Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI MAISAROH_084 111 066.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berjilbab merupakan kewajiban bagi setiap muslimah sebagai sarana menutup aura. Sebagaimana Islam menjelaskan tentang kewajiban serta pentingnya berjilbab dalam QS. Al-A’raf ayat 26, QS. Al-Ahzab ayat 59 dan An-Nur ayat 31. Motivasi pemakaian jilbab akan berpengaruh terhadap perilaku keagamaan siswi SMAN 5 Jember karena dengan berjilbab dituntut untuk melaksanakan ibadah dan berperilaku sesuai dengan agama yang dianut.sebagai upaya sekolah yang bertitle Islam mewajibkan setiap siswinya untuk berjilbab, berbeda dengan SMAN 5 Jember yang berada dibawah naungan Kemendiknas yang tidak mewajibkan siswinya berjilbab. Namun banyak diantara siswinya yang mengenakan jilbab yaitu sekitar 10%. Fokus penelitian ini mengkaji 2 pembahasan yaitu: (1) Apa yang menjadi motivasi siswi SMAN 5 Jember dalam berjilbab; (2) Bagaimana dampak motivasi berjilbab dalam perilaku keagamaan siswi SMAN 5 Jember. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di SMAN 5 Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif deskriptif yang meliputi data reduction, data display, dan verification. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yaitu: (1) Motivasi siswi SMAN 5 Jember dalam berjilbab yaitu adanya keinginan untuk melakukan kewajiban berjilbab untuk menutup aurat, pengetahuan atau pemahaman siswi tentang dampak dari berjilbab agar terhindar dari penyakit dan terlindung dari kejahilan teman laki-laki, terlihat cantik dan lebih simpel, latar belakang keluarga yang memang sudah berjilbab dan mengikuti teman akrabnya serta jilbab dijadikan sebagai fashion. (2) Dampak motivasi berjilbab dalam perilaku keagamaan siswi SMAN 5 Jember yaitu sesuai dengan motivasi siswi dalam berjilbab. Siswi yang berjilbab karena melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslimah yaitu menutup aurat maka dampak terhadap perilaku keagamaan siswi tersebut adalah menjadikan lebih taat di dalam melaksanakan perintah Allah SWT menjaga sikap serta perilakunya terhadap sesama manusia. Namun bagi siswi yang berjilbab hanya karena faktor orangtua, faktor teman dan karena ingin mempercantik diri sama dengan siswi yang tidak berjilbab yaitu kurang mampu mengontrol diri dalam bersikap seperti masih urakan, pacaran dan terlihat masa bodoh terhadap lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:53
Last Modified: 27 Mar 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21018

Actions (login required)

View Item View Item