Pengaruh Tahfidzul Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Tafsir - Ilmu Tafsir Siswi Jurusan Keagamaan Di Madrasah Aliyah Al-Amiriyah Blokagung, Tegalsari, Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017

Nafisah, Siti (2017) Pengaruh Tahfidzul Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Tafsir - Ilmu Tafsir Siswi Jurusan Keagamaan Di Madrasah Aliyah Al-Amiriyah Blokagung, Tegalsari, Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI NAFISAH_084 131 390.pdf

Download (6MB)

Abstract

Al-Qu’an adalah mu’jizat Rasulullah yang kekal, dimana kita sebagai umat islam memiliki kewajiban untuk menjaganya. Salah satu cara menjaganya dari zaman Rasullah hingga saat iniadalah dengan menghafal Al-Qur’an. Dalam memahami kandungan Al-Qur’an umat muslimin perlu memahami berbagai disiplin ilmu salah satunya adalah ilmu tafsir. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh tahfidz Al-Qur’an terhadap hasil belajar tafsir - ilmu tafsir. Rumusan masalah dalam penelitian ini terdiri dari pokok masalah yaitu Adakah pengaruh tahfidzul Al-qur’an terhadap hasil belajar tafsir - ilmu tafsir siswi jurusan keagamaan di madrasah aliyah al-amiriyah blokagung, tegalsari, banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017?, dan sub pokok masalah yaitu 1) Adakah pengaruh tahfidzul Al-qur’an terhadap hasil belajar kognitif tafsir - ilmu tafsir siswi jurusan keagamaan di madrasah aliyah al-amiriyah blokagung, tegalsari, banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017?. 2) Adakah pengaruh tahfidzul Al-qur’an terhadap hasil belajar afektif tafsir - ilmu tafsir siswi jurusan keagamaan di madrasah aliyah al-amiriyah blokagung, tegalsari, banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan dalam penelitian ini terdiri dari tujuan umum yaitu 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tahfidzul Al-qur’an terhadap hasil belajar tafsir - ilmu tafsir siswi jurusan keagamaan di madrasah aliyah al-amiriyah blokagung, tegalsari, banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. Dan tujuan khusus 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tahfidzul Al-qur’an terhadap hasil belajar kognitif tafsir - ilmu tafsir siswi jurusan keagamaan di madrasah aliyah alamiriyah blokagung, tegalsari, banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tahfidzul Al-qur’an terhadap hasil belajar afektif tafsir - ilmu tafsir siswi jurusan keagamaan di madrasah aliyah al-amiriyah blokagung, tegalsari, banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif dengan tekhnik analisis product moment. Penelitian ini memperoleh kesimpulan secara umum, yaitu ada pengaruh positif rendah tahfidzul Al-qur’an terhadap hasil tafsir - ilmu tafsir siswi jurusan keagamaan di madrasah aliyah al-amiriyah blokagung, tegalsari, banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. Dan secara khusus 1) ada pengaruh positif rendah tahfidzul Al-qur’an terhadap hasil belajar kognitif tafsir - ilmu tafsir siswi jurusan keagamaan di madrasah aliyah al-amiriyah blokagung, tegalsari, banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017. 2) ada pengaruh positif rendah tahfidzul Al-qur’an terhadap hasil belajar afektif tafsir - ilmu tafsir siswi jurusan keagamaan di madrasah aliyah al-amiriyah blokagung, tegalsari, banyuwangi tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:53
Last Modified: 27 Mar 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21020

Actions (login required)

View Item View Item