Peran Guru Sertifikasi Dalam Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember.

Saniya, Siti Shofiyyatus (2016) Peran Guru Sertifikasi Dalam Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI SHOFIYYATUS SANIYA_084 121 172.pdf

Download (5MB)

Abstract

Guru mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya mewujudkan tujuan pembangunan nasional, khususnya di bidang pendidikan, sehingga perlu dikembangkan sebagai tenaga profesi yang bermartabat dan professional. tercapai dan tidaknya peningakatan mutu pembelajaran siswa tentu tidak akan terlepas dari peran guru di lembaga pendidikan dan khususnya para guru professional (serifikasi). Mengingat begitu urgennya peran guru dalam sebuah pendidikan, termasuk dalam proses pembelajaran dimana seorang guru adalah faktor utama dalam pembelajaran berhasil tidaknya sebuah pembelajaran tergantung dari gurunya. maka peneliti merasa tertarik untuk mengadakan penelitian tersebut. Sedangkan fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru serifikasi sebagai pengajar dalam peningkatan mutu proses pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peran guru serifikasi sebagai pembimbing dalam peningkatan mutu proses pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Bagaimana peran guru serifikasi sebagai pelatih dalam peningkatan mutu proses pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Aliyah Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran guru serifikasi sebagai pengajar, pembimbing serta pelatih di Madrasah Aliyah Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember. Dan untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Study kasus. Adapun tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan model Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini: (1) Peran Guru Sertifikasi Sebagai Pengajar bagaimana seorang guru benar-benar bisa membuat peserta didik faham serta mudah menerima materi yang diberikan oleh guru.(2) peran guru serifikasi sebagai pembimbing didalam pembelajaran dengan melaksanakan beberapa peran didalamnya yakni memotivasi peserta didik agar giat untuk belajar serta memecahkan masalahmasalah yang timbul pada saat pembelajaran. (3) peran guru serifikasi sebagai pelatih yang mana guru melatih peserta didik untuk menjadi teladan yang baik serta bisa menerapkan materi yang telah dijelaskan dalam kehidupan sehari-hari. Peran guru sebagai pelatih yakni sebagai model atau teladan bagi peserta didiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:54
Last Modified: 27 Mar 2023 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21022

Actions (login required)

View Item View Item