: Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Kitab Adabul `Alim Wal Muta`allim di Pondok Pesantren Manhadlul Ubbad Sukowono Jember.

Muhdolifah, Ms (2018) : Implementasi Pendidikan Akhlak dalam Kitab Adabul `Alim Wal Muta`allim di Pondok Pesantren Manhadlul Ubbad Sukowono Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Muhdolifah_ 084 141 417.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan akhlak merupakan permasalahan yang selalu menjadi tantangan manusia dalam sepanjang sejarahnya terhadap pembentukan perilaku. Karena pendidikan akhlak adalah proses pembinaan budi pekerti anak sehingga menjadi budi pekerti yang mulia (akhlakul karimah). Dan proses tersebut tidak lepas dari pembinaan kehidupan beragama peserta didik secara total. Fokus penelitian meliputi: (1) Bagaimana implementasi pendidikan akhlak terhadap ilmu dalam kitab adabul `alim wal muta`allim di Pondok Pesantren Manhadlul Ubbad? (2) Bagaimana implementasi pendidikan akhlak terhadap ustad dalam kitab adabul `alim wal muta`allim di Pondok Pesantren Manhadlul Ubbad? (3) Bagaimana implementasi pendidikan akhlak terhadap diri sendiri dalam kitab adabul `alim wal muta`allim di Pondok Pesantren Manhadlul Ubbad? Tujuan penelitian meliputi: (1) medeskripsikan pendidikan akhlak terhadap ilmu dalam kitab adabul `alim wal muta`allim di Pondok Pesantren Manhadlul Ubbad. (2) medeskripsikan pendidikan akhlak terhadap ilmu dalam kitab adabul `alim wal muta`allim di Pondok Pesantren Manhadlul Ubbad. (3) medeskripsikan pendidikan akhlak terhadap ilmu dalam kitab adabul `alim wal muta`allim di Pondok Pesantren Manhadlul Ubbad. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field researct). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kualitatif model Miles Huberman yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Penanaman akhlak terhadap ilmu pada santriwati yang ditekankan pada proses pembelajaran dengan meningkatkan tingkat pemahaman santri terhadap akhlak terhadap ilmu melalui metode. (2) Penanaman akhlak terhadap ustad pada santriwati yang ditekankan pada proses penanaman aspek keteladanan dan pembiasaan. (3) Penanaman akhlak terhadap diri sendiri pada santriwati yang ditekankan pada proses pembiasaan terhadap diri sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:54
Last Modified: 27 Mar 2023 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21026

Actions (login required)

View Item View Item