Upaya Guru PAI dalam Menumbuhkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh di MTs Sunan Ampel Patoman Rogojampi Banyuwangi

Setiani, Suci Nur Ria (2015) Upaya Guru PAI dalam Menumbuhkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh di MTs Sunan Ampel Patoman Rogojampi Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Suci Nur Ria Setiani_084 111 058.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Islam, seperti pendidikan pada umumnya berusaha membentuk pribadi manusia, melalui proses yang panjang, dengan hasil yang tidak dapat diketahui dengan segera. Menurut Zakiyah Darajat, pendidikan Agama Islam adalah usaha berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar kelak setelah selesai pendidikannya dapat memahami dan mengamalkan ajaran agama Islam serta menjadikannya sebagai pandangan hidup (way of life). Guru memiliki tugas sebagai pembimbing dalam tugasnya yaitu dalam mendidik, guru harus membantu siswanya mencapai kedewasaan secara optimal. Artinya kedewasaan yang sempurna sesuai tahap perkembangannya. Guru harus memperhatikan aspek-aspek pribadi setiap siswa antara lain kematangan, kebutuhan, kemampuan, kecakapannya dan sebagainya agar mereka (siswa) dapat mencapai tingkat perkembangan dan kedewasaan yang optimal. Di tengah gempuran budaya hedonisme barat guru diharapkan mampu merancang sistem atau strategi pembelajaran yang mampu membimbing siswa agar mereka mampu secaara mandiri membimbing tingkah laku dan pemikiran mereka agar dapat diterima secara sosial dan mampu menempatkan diri sebagai makhluk Tuhan. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana upaya guru PAI mendidik siswa dalam menumbuhkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di kelas VIII MTs Sunan Ampel Patoman Rogojampi Banyuwangi? 2. Bagaimana upaya guru PAI memotivisi siswa dalam menumbuhkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di kelas VIII MTs Sunan Ampel Patoman Rogojampi Banyuwangi? Untuk menjawab hal tersebut digunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan secara umum bahwa upaya yang dilakukan guru PAI dalam menumbuhkan kreativitas belajar siswa sudah baik, dengan indikator dalam praktiknya sudah menyesuaikan sengan tahap perkembangan siswa dan dapat menimbulkan motivasi intrinsik dari siswa untuk melakukannya secara mandiri. Di samping itu juga program upaya yang dilakukan sudah bervariasi dan tidak hanya bertumpu pada penyampaian materi, tetapi bertujuan untuk membuat siswa menguasai kompetensi dasar pembelajaran secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:54
Last Modified: 27 Mar 2023 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21027

Actions (login required)

View Item View Item