Implementasi metode muraja'ah dalam kegiatan hafalan al-Qur'an mahasantri Pondok Pesantren Tahdidzul Qur'an (PPTQ) Darul Istiqomah Mangli Jember

Zubaida, Zubaida (2023) Implementasi metode muraja'ah dalam kegiatan hafalan al-Qur'an mahasantri Pondok Pesantren Tahdidzul Qur'an (PPTQ) Darul Istiqomah Mangli Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZUBAIDA_T20191051.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Zubaida, 2023: Implementasi Metode Muraja’ah Dalam Kegiatan Hafalan Al-Qur’an Mahasantri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Darul Istiqomah Mangli Jember.

Kata kunci: Implementasi, Metode Muraja’ah, Hafalan al-Qur’an

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode muraja’ah dalam kegiatan hafalan al-Qur’an mahasantri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Darul Istiqomah Mangli Jember, karena suatu tantangan tersendiri bagi seorang mahasiswa yang kesehariannya berperan sebagai penghafal al-Qur’an. Mereka harus dapat membagi waktunya dengan baik, supaya keduanya dapat berjalan dengan lancar, terlebih lagi agar hafalannya tidak hilang atau bahkan terlupakan. Selain itu, juga dianggap sebagai setoran yang dibuktikan dengan kartu prestasi miliki mahasantri.

Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana tujuan metode muraja’ah dalam kegiatan hafalan al-Qur’an di PPTQ Darul Istiqomah? 2) Bagaimana perencanaan metode muraja’ah dalam kegiatan hafalan al-Qur’an PPTQ Darul Istiqomah? 3) Bagaimana implementasi metode muraja’ah dalam kegiatan hafalan al-Qur’an di PPTQ Darul Istiqomah? 4) Bagaimana hasil dari implementasi metode muraja’ah dalam kegiatan hafalan al-Qur’an di PPTQ Darul Istiqomah?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field Research, dengan menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, untuk melihat keabsahan data, melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Tujuan dari kegiatan muraja’ah dalam kegiatan hafalan al-Qur’an, yaitu mempersiapkan diri untuk menjadi penghafal qur’an yang kuat hafalannya, memudahkan dalam mengulang kembali hafalannya, melatih ketelitian penghafal, memperlancar hafalan, dan dapat mengingat ayat secara detail. 2) Perencanaan metode muraja’ah dalam kegiatan hafalan al-Qur’an mahasantri, bahwa pihak pengasuh mempersiapkan beberapa hal dalam pelaksanaan metod ini, yatu menetapkan program muraja’ah, menguji hafalan mahasantri, membuat kelompok halaqah muraja’ah yang disesuaikan dengan kuantitas hafalan yang dimiliki mahasantri, dan menentukan alokasi waktu muraja’ah. 3) Implementasi metode muraja’ah dalam kegiatan hafalan al-Qur’an ini dilakukan secara mandiri, berkelompok, dan bersama ustdaz/ustadzah. 4) Hasil dari implementasi metode muraja’ah dalam kegiatan hafalan al-Qur’an yakni mahasantri sangat terbantu dengan adanya metode muraja’ah ini. Dengan adanya metode tersebut mahasantri dapat mengulang hafalan yang dimiliki sejak lama dengan mudah, sehingga hafalannya menjadi lancar dan terpelihara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zubed Zubaida Ida
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:57
Last Modified: 27 Mar 2023 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21028

Actions (login required)

View Item View Item