Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MA Zainul Fauzi Kendit Situbondo.

Rizqiah, Tuthiur (2015) Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MA Zainul Fauzi Kendit Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TUTHIUR RIZQIAH_084 111 256.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran adalah media. Kedudukan media pembelajaran tidak hanya sebagai alat bantu mengajar, tetapi juga merupakan salah satu cara untuk memotivasi siswa agar dapat lebih efektif. Selain dapat menggantikan sebagian tugas guru sebagai penyaji materi (penyalur pesan) media juga memiliki kegunaan untuk mengatasi hambatan dalam komunikasi, keterbatasan ruang kelas, sikap pasif siswa, serta mempersatukan pengamatan mereka. Oleh karena itu media pembelajaran dapat dikatakan sebagai sumber belajar yang dapat membantu mencapai tujuan dari pembelajaran dan meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran Aqidah Akhlak. Media pembelajaran merupakan suatu media yang digunakan oleh guru pada saat proses belajar mengajar. salah satunya adalah media visual dan audio visual. Peran media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar. dengan demikian media pembelajaran sangat menunjang keberhasilan proses penyerapan pemahaman siswa. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan media pembelajaran visual dalam upaya meningkatkan motivasi ekstrinsik belajar siswa? (2) Bagaimana penggunaan media pembelajaran audio visual dalam upaya meningkatkan motivasi ekstrinsik belajar siswa? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis dan mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran visual dalam upaya meningkatkan motivasi ekstrinsik belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak di MA Zainul Fauzi Kendit Situbondo (2) Menganalisis dan mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran audio visual dalam upaya meningkatkan motivasi ekstrinsik belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak di MA Zainul Fauzi Kendit Situbondo. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis study kasus, dalam menentukan sumber data menggunakan purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara,dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode Miles Huberman yaitu data reduction, data display, conclusion drawing/verification. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Penggunaan media visual merupakan media sederhana yang berfungsi untuk meningkatkan motivasi ekstrinsik belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran (2) Penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi ekstrinsik dan semangat belajar siswa karena siswa tidak hanya menggunakan indra penglihatan saja akan tetapi indra pendengaran juga digunakan sehingga siswa lebih mudah untuk memahami dan menyerap materi pelajaran yang guru sampaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:01
Last Modified: 27 Mar 2023 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21032

Actions (login required)

View Item View Item