Implementasi Strategi Pembelajaran Afektif dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Lidinillah, Navis Nidatul Qudsy (2018) Implementasi Strategi Pembelajaran Afektif dalam Membentuk Akhlak Siswa di SMP Negeri 7 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Navis Nidatul Qudsy Lidinillah_084141432.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi yang digunakan oleh pendidikan dalam proses pembelajaran yang nantinya dapat mengantarkan siswa mengalami perubahan pada aspek afektifnya dikenal dengan strategi pembelajaran afektif.Dalam strategi ini terdapat dua proses pembentukan sikap, sehingga diharapkan dalam proses pembelajaran berlangsung pendidik juga dapat membantu membentuk akhlak anak yang nantinya menjadi anak yang berakhlak karimah. Adapun yang menjadi fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pola pembiasaan dalam membentuk akhlak siswa di SMP Negeri 7 Jember tahun pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana modeling dalam membentuk akhlak siswa di SMP Negeri 7 Jember tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola pembiasaan dalam membentuk akhlak siswa dan modeling dalam membentuk akhlak siswa di SMP Negeri 7 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan, lokasi penelitian di SMP Negeri 7 Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, datadisplay, verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1)Pola pembiasaan yang dilaksanakan di SMP Negeri 7 Jember dalam membentuk akhlak siswa dilaksanakan setiap hari dan ada yang satu Minggu sekali.Siswa dibiasakan untuk melaksanakan ibadah dengan tepat waktu dan tanpa adanya paksaan, seperti dalam melaksanakan pembacaan asmaul husna, salat berjamaah, membaca surah Yasin, salaman, infakdan kelas bersih. Sehingga, sebagian besar siswa sadar dengan sendirinyabetapa pentingnya beribadah kepada Allah dengan melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, dan juga berakhak karimah kepada sesama manusia dan lingkungan sekitarnya. 2) Modeling dalam membentuk akhlak siswa kepada sesama manusia di SMP Negeri 7 Jember, seperti tartil dan hafalan Alquran setiap jam istirahat pada hari Selasa, Rabu dan Kamis ini menjadi bentuk aplikasi yang nyata dari kegiatan dalam membentuk akhlakul karimah dan disiplin waktu dalam beribadah. Kegiatan ini mengajarkan kepada siswa agarlebih mengenal Alquran sebagai kalamullah dan melatih siswa agar dapat membaca Alquran dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:01
Last Modified: 27 Mar 2023 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21033

Actions (login required)

View Item View Item