Implementasi Administrasi Pendidikan Di Ma Al- Hidayah Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015

Amanda, Uli Oktavia (2015) Implementasi Administrasi Pendidikan Di Ma Al- Hidayah Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Uli Oktavia Amanda_084 113 023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Administrasi pendidikan adalah rangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara berencana dan sistematis yang diselenggarakan dalam lingkungan tertentu, terutama berupa lembaga pendidikan formal. Administrasi pendidikan merupakan proses keseluruhan kegiatan dalam bidang pendidikan. Dalam dunia pendidikan, kedudukan administrasi sangat penting guna untuk tercapainya tujuan pendidikan. Karena setiap kegiatan di dalam proses administrasi pendidikan diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam hubungan ini, madrasah sebagai suatu lembaga pendidikan yang melakukan kegiatan pembelajaran jelas perlu mengelola kegiatan tersebut dengan baik. Dalam skripsi ini fokus masalahnya adalah (1) Bagaimana implementasi administrasi personil sekolah/madrasah di MA Al-Hidayah Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014 / 2015. (2) Bagaimana implementasi administrasi kurikulum di MA Al-Hidayah Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. (3) Bagaimana implementasi administrasi sarana dan prasarana di MA Al-Hidayah Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. (4) Bagaimana implementasi administrasi kesiswaan di MA Al-Hidayah Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. (5) Bagaimana implementasi administrasi hubungan masyarakat di MA Al-Hidayah Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mendiskripsikan implementasi administrasi personil sekolah di MA Al-Hidayah karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. (2) Untuk mendiskripsikan implementasi administrasi kurikulum di MA Al-Hidayah karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. (3) Untuk mendiskripsikan implementasi administrasi sarana dan prasarana di MA Al-Hidayah karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. (4) Untuk mendiskripsikan implementasi administrasi kesiswaan di MA Al-Hidayah karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. (5) Untuk mendiskripsikan implementasi administrasi hubungan masyarakat di MA Al-Hidayah karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Dimana dalam penjabaran dari hasil penelitian ini bersifat ilmiah dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview, dan dokumenter. Kesimpulan dari skripsi ini adalah untuk administrasi personil sekolah pengadaannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan madrasah. Penugasannya untuk setiap tahun dewan guru diharuskan menyiapkan semua perangkat- perangkat sebelum tahun ajaran baru dimulai. Sedangkan pembinaan personilnya digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix diadakan pelatihan dan pembinaan dari kepala madrasah. Untuk administrasi kurikulum, perencanaan kurikulumnya yaitu dengan merumuskan rancangan kurikulum dengan langkah-langkah merumuskan tujuan, merumuskan isi kurikulum, merumuskan metode serta strategi. Dalam pelaksanaannya dewan guru telah menyiapkan peragkatnya seperti RPP sebelum diterapkan dikelas masing- masing sesuai dengan mata pelajaran yang diampuh. Sedangkan pembinaan kurikulum yaitu dengan dilakukannya supervisi dari kepala madrasah untuk mengetahui kelamahan dan kekurangan dalam penerapan kurikulumnya. Untuk administrasi sarana dan prasarana pengadaannya dilakukan dengan dua cara yaitu kebutuhan yang mendesak dan kebutuhan yang tidak mendesak. Sedangkan pemeliharaannya petugas melapor setiap akhir semester semisal ada kerusakan. Untuk administrasi kesiswaan, pada penerimaan siswa baru madrasah melakukan penyebaran brosur kemudian dibuka pendaftaran mulai dari gelombang 1-3. Untuk pembinaan siswa setiap harinya diadakan sholat berjamaah dan harus hafal juz amma. Untuk hubungan masyarakat diadakannya anjangsana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:01
Last Modified: 27 Mar 2023 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21034

Actions (login required)

View Item View Item