Peningkatan Nilai-Nilai Keislaman Melalui Program Malam Bina Iman dan Takwa di SMP Islam Terpadu al-Ghozali Jember Tahun Ajaran 2017/2018.

Anasiah, Putiah Sari Duwi (2018) Peningkatan Nilai-Nilai Keislaman Melalui Program Malam Bina Iman dan Takwa di SMP Islam Terpadu al-Ghozali Jember Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putiah Sari Duwi Anasiah_ 084 141 147.pdf

Download (25MB)

Abstract

Pendidikan agama dewasa ini menjadi sorotan tajam masyarakat. Banyaknya perilaku menyimpang peserta didik dan remaja pada umumnya yang tidak sesuai dengan norma agama akhir-akhir ini mendorong berbagai pihak mempertanyakan efektivitas pelaksanaan pendidikan agama di sekolah. Selain itu, indikasi adanya perilaku peserta didik yang mengarah pada religious culture kontras dengan deskripsi remaja umumnya di SMP Islam Terpadu al-Ghozali Jember. Dalam hal ini lembaga sekolah menangani persoalan ini melalui Program Malam Bina Iman dan Takwa. Program ini diharapkan mampu menigkatkan nilainilai keislaman siswa baik itu nilai ibadah, akidah maupun akhlak. Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana upaya peningkatan nilai Akidah siswa di SMP Islam Terpadu al-Ghozali Jember? 2). Bagaimana peningkatan nilai Syariah siswa di SMP Islam Terpadu al-Ghozali Jember? 3). Bagaimana peningkatan nilai akhlak siswa di SMP Islam Terpadu al-Ghozali Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan upaya peningkatan nilai Akidah siswa di SMP Islam Terpadu al-Ghozali Jember. 2). Mendeskripsikan peningkatan nilai Syariah siswa di SMP Islam Terpadu al-Ghozali Jember? 3). Mendeskripsikan peningkatan nilai akhlak siswa di SMP Islam Terpadu alGhozali Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya studi kasus. Dalam penentuan subyek data penelitian ini menggunakan Purposive, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan di SMP Islam Terpadu al-Ghozali Jember, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1). Upaya dalam meningkatkan nilai Aqidah siswa yang dilakukan Guru adalah memberikan kajian materi tentang rukun Iman, mendekatkan siswa dengan kisah-kisah yang mngesakan Allah Swt, mengenalkan keagungan Allah Sw melalu penciptaannNya, membiasakan siswa dengan melaksanakan sholat tahajud, dan mengadakan kegiatan tafakur, Pembiasaan 2). Upaya dalam meningkatkan nilai Syariah siswa yang dilakukan Guru adalah mendidik dengan ucapan, mempraktekkan langsung tata cara beribadah yang baik dan benar, memberikan contoh atau suri tauladan, memberikan kajian-kajian seputar ibadah, dan menggunakan metode 3). Upaya dalam meningkatkan nilai akhlak siswa yang Guru lakukan adalah memberikan materi tentang akhlak terpuji, memberikan nasihat yang baik dan benar, menceritakan kisah-kisah Islami, memberikan contoh yang baik, mengadakan kegiatan muhasabah diri, dan menggunakan metode Reward dan Punisment, serta mengadakan kegiatan gotong royong,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:02
Last Modified: 27 Mar 2023 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21038

Actions (login required)

View Item View Item