Upaya Keluarga dalam Mengembangkan Pendidikan Agama Islam Pada Anak di Tengah – Tengah Perbedaan Agama Masyarakat di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Jember Tahun 2015.

Hanik, Umi (2015) Upaya Keluarga dalam Mengembangkan Pendidikan Agama Islam Pada Anak di Tengah – Tengah Perbedaan Agama Masyarakat di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Jember Tahun 2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Umi Hanik_084 111 161.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keluarga adalah faktor utama dan pertama yang dapat memberi pengaruh pada anak dan merupakan tempat pendidikan yang pertama sebelum anak memasuki gerbang lingkungan yang lain. Anak akan menerima norma-norma yang berlaku pada anggota keluarga, baik ayah, ibu, dan suadara-saudaranya. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana upaya keluarga dalam mengembangkan Pendidikan Agama Islam pada anak di Tengah – tengah perbedaan agama masyarakat di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Jember. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya keluarga utamanya orang tua dalam mengembangkan dan menanamkan pendidikan agama islam pada anak di tengah – tengah masyarakat multireligius di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis teksonomi yang bersifat deskripstif, menganalisis upaya keluarga dalam mengembangkan pendidikan agama islam pada anak di tengah – tengah perbedaan agama masyarakat di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara bebas terpimpin, observasi partisipasif, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) bahwasanya upaya keluarga utamanya orang tua dalam mengembangkan pendidikan agama islam pada anak sudah cukup baik. Selain memalui keluarga, sekolah formal seperti Madrasah Ibtidaiyah dan Jalur non formal seperti TPQ tersebut orangtua memilki harapan yang besar dalam mengembangkan pendidikan keagamaan pada putra putrinya. 2) Di sisi lain masih banyak juga segelintir dari keluarga yang ada di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari ini yang belum begitu memperhatikan masalah pendidikan agama pada putra putinya. Hal tersebut terlihat dari bagaimana orangtua memilihkan jalur sekolah formal pada anak, yakni memilih sekolah yang bernaungan agama Kristen sebagai salah satu alternatif, dengan alasan biaya murah dan tidak banyak memungut sumbangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:02
Last Modified: 27 Mar 2023 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21039

Actions (login required)

View Item View Item