Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Sekolah Menengah Atas Negeri Darussholah Singojuruh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018.

Budiarsih, Risa (2018) Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Sekolah Menengah Atas Negeri Darussholah Singojuruh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Risa Budiarsih_084 141 328.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran aktif adalah suatu pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar secara aktif. Dengan belajar aktif ini, peserta didik diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran, tidak hanya mental akan tetapi juga melibatkan fisik. Dengan cara ini biasanya peserta didik akan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar dapat dimaksimalkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking (GNT) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMAN Darussholah Singojuruh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana implementasi strategi pembelajaran aktif tipe Mind Mapping pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMAN Darussholah Singojuruh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan implementasi strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking (GNT) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMAN Darussholah Singojuruh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018 dan mendiskripsikan implemetasi strategi pembelajaran aktif tipe Mind Mapping pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMAN Darussholah Singojuruh Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan obseravasi terstruktur, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Implementasi strategi pembelajaran aktif tipe Guided Note Taking (GNT) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas X MIA 4 meliputi kegiatan yaitu a) perencanaan, menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), menyiapkan media pembelajaran handout dan LKS SKI. b) pelaksanaan dilakukan pada pertemuan ke dua KD 1.2, 2.2 dan 3.2 dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. c) evaluasi dilakukan dengan tes yaitu tes tulis berupa handout yang diisi siswa, dan tes lisan singkat di akhir jam pelajaran. 2) Implementasi strategi pembelajaran aktif tipe Mind Mapping pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMAN Darussholah Singojuruh meliputi kegiatan yaitu a) perencanaan, guru membuat RPP dan menyiapkan media seperti gambaran Mind Mapping dan kertas manila kosong. b) pelaksanaan dilakukan pada pertemuan ke empat KD 3.2 dan 4.2 dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. c) evaluasi dilakukan dengan dua jenis evaluasi, yaitu tes dan unjuk kerja, serta evaluasi non tes berupa penilaian diri dalam bentuk observasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:02
Last Modified: 27 Mar 2023 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21040

Actions (login required)

View Item View Item