Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembayaran Uang Muka Dalam Penyewaaan kamar Kos Sempusari

Alfionita, Widy Fiki (2017) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembayaran Uang Muka Dalam Penyewaaan kamar Kos Sempusari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WIDY FIKI ALFIONITA_083 122 050.pdf

Download (7MB)

Abstract

Sewa menyewa merupakan salah satu bentuk kegiatan muamalah yang sering dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kebutuhan tersebut dapat berupa manfaat barang atau jasa yang tidak dimilikinya,seperti menyewa tempat tinggal sementara bagi mahasiswa. Masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar kampus memanfaatkan kesempatan ini dengan menyewakan kamar kos sebagai tempat tinggal sementara. Sewa menyewa kamar kos di Kelurahan Sempusari RW 3 menerapkan pembayaran uang muka. Sedangkan mayoritas selama berpendapat penerapan uang muka itu dilarang dan hukumnya tidak sah karena mengandung unsure gharar Fokus masalah yang diteliti adalah: (1) Bagaimana praktek pembayaran uang muka dalam penyewaan kamar kos di Sempusari? (2) Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap pembayaran uang muka dalam penyewaan kamar kos di Sempusari? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana praktek pembayaran uang mukadalam penyewaan kamar kos di Sempusari. (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana tinjauan hukum islam terhadap pembayaran uang muka dalam penyewaan kamar kos di Sempusari. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan field research (penelitian lapangan). Teknik sampel yang dipilih adalah purposive sampling yaitu menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu yang dipandang dapat memberikan data secara maksimal dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitianya itu deskriptif kualitatif. Keabsahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembayaran uang muka dalam penyewaan kamar kos-kosan Sempusari merupakan urf atau kebiasaan bagi pemilik kos yang menyewakan kamar kos-kosan dengan sistem pembayaran pertahun. Akad sewa menyewa kamar kos-kosan dilakukan pemilik kamar kos-kosan dan mahasiswa IAIN Jember sesuai dengan rukun dan syarat sewa menyewa (ijarah), sehingga hukumnya sah. Praktek uang muka dalam sewa menyewa kamar kos yang dilakukan dengan penerapan sistem uang muka akan kembali dengan akad/kesepakatan baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:02
Last Modified: 27 Mar 2023 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21043

Actions (login required)

View Item View Item