Dampak Perceraian Orang Tua Bagi Perkembangan Remaja Di Desa Tempurejo Jember

Maimunah, Siti (2018) Dampak Perceraian Orang Tua Bagi Perkembangan Remaja Di Desa Tempurejo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Maimunah_084 121 427.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perceraian merupakan suatu keadaan yang kacau, tak teratur dan terarah, orang tua kehilangan kewibawaan untuk mengendalikan kehidupan anak-anaknya. Sebuah perceraian pasti akan berdampak bagi perkembangan remaja, biasanya mereka cenderung lebih sensitive, emosional, dan sulit untuk di ajak berkomunikasi. Sehingga pada keadaan seperti ini, dalam lingkungan sosialnya mereka kurang baik dalam berprilaku. Dan perceraian akan membuat pahit dalam kehidupan remaja, dia akan semakin seperti hewan liar yang tidak bisa dikendalikan oleh orang lain Fokus penelitian ini adalah:1. Bagaimana dampak perceraian orang tua bagi perkembangan emosional remaja di Desa Tempurejo Jember tahun 2018? 2. Bagaimana dampak perceraian orang tua bagi perkembangan sosial remaja di Desa Tempurejo Jember tahun 2018? Tujuan penelitian ini adalah :1. Mendiskripsikan dampak perceraian orang tua bagi perkembangan emosional remaja di Desa Tempurejo Jember tahun 2018. 2. Mendiskripsikan dampak perceraian orang tua bagi perkembangan sosial remaja di Desa Tempurejo Jember tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analsisis data menggunakan model Interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1. Dampak perceraian orang tua bagi perkembangan Emosional Remaja di Desa Tempurejo yaitu tidak baik dan sering menimbulkan stres dan tekanan bagi remaja yang ditunjukkan dengan sering menyendiri, suka marah, terkejut, kesedihan, rasa takut dan menang sendiri. 2. Dampak perceraian orang tua bagi pemkembangan Sosial Remaja di Desa Tempurejo, yaitu: sulit bergaul, sukar menerima nasehat, dan sulit berkomunikasi dengan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:02
Last Modified: 27 Mar 2023 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21045

Actions (login required)

View Item View Item