Pelaksanaan belajar baca Al-Qur’an bagi lanjut usia melalui program pelatihan baca Al-Qur’an di PTPN XII Kaliwates Kabupaten Jember.

Nurfaidah, Siti (2018) Pelaksanaan belajar baca Al-Qur’an bagi lanjut usia melalui program pelatihan baca Al-Qur’an di PTPN XII Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nurfaida_084 141 063.pdf

Download (5MB)

Abstract

Program pelatihan baca Al-Qur’an atau PPBQ merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang dimiliki oleh Pondok Pesantren Safinatul Huda Surabaya. PPBQ sudah tersebar diberbagai daerah salah satunya di Kabupaten Jember. PPBQ lebih memfokuskan kepada para lanjut usia. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana langkah-langkah pemberian materi belajar baca Al-Qur’an bagi lanjut usia melalui program pelatihan baca AlQur’an. 2) Bagaimana metode belajar baca Al-Qur’an bagi lanjut usia melalui program pelatihan baca Al-Qur’an. 3) Bagaimana penggunaan media belajar baca Al-Qur’an bagi lanjut usia melalui program pelatihan baca Al-Qur’an di PTPN XII Kaliwates Kabupaten Jember Tujuan penelitian ini adalah :1) Mendeskripsikan langkah-langkah pemberian materi belajar baca Al-Qur’an bagi lanjut usia melalui program pelatihan baca Al-Qur’an. 2) Mendeskripsikan metode belajar baca Al-Qur’an bagi lanjut usia melalui program pelatihan baca Al-Qur’an. 3) Mendeskripsikan penggunaan media belajar baca Al-Qur’an bagi lanjut usia melalui program pelatihan baca Al-Qur’an di PTPN XII Kaliwates Kabupaten Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif, dengan langkah pengumpulan data, konsensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian adalah : 1) langkah-langkah pemberian materi belajar baca Al-Qur’an bagi lanjut usia melalui program pelatihan baca Al-Qur’an. Terdapat dua langkah. Antara lain: langkah-langkah pemberian belajar baca Al-Qur’an belum bisa membaca Al-Qur’an pembukaan diawali dengan salam dan basmalah. Pemberian materi berupa pengenalan huruf hijaiyah berharokat fathah, latihan baca makhroj, perubahan huruf, huruf sambung, pengenalan huruf panjang berbunyi aa, ii, uu, pengenalan huruf hijaiyah berharokat fathatain, kasrohtain, dan dhumatain, pengenalan huruf hijaiyah bertsydid, bacaan al-syamsiah dan alqomariah, bacaan kalimat sambung, bacaan lam jalalah, cara mewaqofkan, pengenalan huruf awal surat. Dilanjut dengan pertanyaan dari jamaah, penutup dan doa. Langkah-langkah pemberian materi belajar baca Al-Qur’an bagi yang bisa membaca Al-Qur’an. diawali dengan salam lalu doa dan membaca Al-Fatihah dan dilanjut murojjah dari hafalan yang telah dihafalkan setelah itu setoran hafalan setiap jamaah dan secara bergilir. Lanjut pemberian materi. Setelah itu tanya jawab. penutup doa dan salam. 2) metode belajar baca Al-Qur’an bagi lanjut usia melalui program pelatihan baca Al-Qur’an menggunakan metode talqin, metode tahqiq dan metode tartil. 3) penggunaan media belajar baca Al-Qur’an bagi lanjut usia melalui program pelatihan baca Al-Qur’an di PTPN XII Kaliwates Kabupaten Jember menggunakan media berbasis manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:02
Last Modified: 27 Mar 2023 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21049

Actions (login required)

View Item View Item