Hidayah, Sururiyatul (2018) Pembelajaran Kitab Risâlat Untuk Siswa Di SMP Plus Raudlatut Thalabah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Sururiyatul Hidayah_084141182.pdf Download (16MB) |
Abstract
Kata kunci: Pembelajaran dan Kitab Risâlat Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar padasuatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi. Kitab Risâlat merupakan sebuah kitab yang mengkaji tentang darah wanita, ilmu ini sangat penting baik dikalangan wanita maupun dikalangan pria sekalipun. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah, 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Kitab Risâlat Untuk Siswa Di SMP Plus Raudlatut Thalabah Jember? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Risâlat Untuk Siswa Di SMP Plus Raudlatut Thalabah Jember? 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Kitab Risâlat Untuk Siswa Di SMP Plus Raudlatut Thalabah Jember? Tujan dari penelitian ini adalah, 1) Mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran Kitab Risâlat Untuk Siswa Di SMP Plus Raudlatut Thalabah Jember. 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Risâlat Untuk Siswa Di SMP Plus Raudlatut Thalabah Jember. 3) Mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Kitab Risâlat Untuk Siswa Di SMP Plus Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumplan data menggunakan observasi, wawancara, dan observasi, analisis data menggunakan analisis kuaitatif milik Miles and Huberman reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi, keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa, 1) Perencanaan pembelajaran kitab Risâlat Untuk Siswa Di SMP Plus Raudlatut Thalabah Kebonsadeng: a) Tujuan pembelajaran, yaitu untuk memberitahukan dan mengajarkan pembelajaran yang masih dasar tentang kitab Risâlat , yang membahas tentang haidl, istihadlah, dan nifas. b)Metode pembelajaran, yaitu metode ceramah dan tanya jawab. c) Media yang digunakan yaitu kitab Risâlat , buku pendukung, papan tulis, penghapus dan spidol. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Risâlat Untuk Siswa Di SMP Plus Raudlatut Thalabah: a) Kegiatan Apersepsi, guru memulai pembelajaran dengan salam, doa, mengecek kehadiran para siswa, dan kemudian guru mengulang materi sebelumnya yang telah diajarkan untuk mengingat materi yang telah diajarkan. b) Kegiatan inti, guru memulai dengan membacakan terlebih dahulu kemudian menjelaskan dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. c) Penutup, guru memberikan umpan balik kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk mempelajari materi yang akan datang. 3) Evaluasi Pembelajaran Kitab Risâlat Untuk Siswa yaitu evaluasi formatif yang dilakukan ketika diakhir pembelajaran untuk melihat sejauh mana siswa benar-benar paham.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 07:03 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 07:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21050 |
Actions (login required)
View Item |