Perlindungan Hukum Terhadap Buruh di PT.Permata Citra Nusa Probolinggo Perspektif Undang-Undang No.13 Tahun 2003 dan Hukum Ekonomi Syariah.

Nisak, Zulvia Lailatun (2017) Perlindungan Hukum Terhadap Buruh di PT.Permata Citra Nusa Probolinggo Perspektif Undang-Undang No.13 Tahun 2003 dan Hukum Ekonomi Syariah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zulvia Lailatun Nisak_083132041.pdf

Download (6MB)

Abstract

Hubungan antara pengusaha dan buruh sejatinya merupakan hubungan yang saling menguntungkan. Hak-hak yang seharusnya didapatkan oleh buruh, tidak kunjung diberikan oleh pihak pengusaha. Maka dari sini perlunya perlindunga nterhadap buruh, sesuai dengan aspek hubungan kerja. Fenomena perlindungan hukum yang tidak maksimal terhadap buruh, seringkali dijumpai di masyarakat sebagaimana fakta yang terjadi di PT.Permata Citra Nusa Probolinggo. Maka dari itu menarik untuk diteliti bagaimana sebenarnya perlindungan hukum terhadap buruhdi PT.Permata Citra Nusa ProbolinggoperspektifUUNo.13 Tahun2003 dan Hukum Ekonomi Syariah. Fokus penelitian yang dipaparkan peneliti yaitu:1)Bagaimana sistem kerja buruh di PT.Permata Citra Nusa Probolinggo?,2)Bagaimana problematika buruh dalam sistem kerja di PT.Permata Citra Nusa Probolinggo?,3)Bagaimana perlindungan hukum terhadap buruh di PT.Permata Citra Nusa Probolinggo Perspektif UU No.13 Tahun 2003 dan Hukum Ekonomi Syariah?Manfaat penelitian dari fokus tersebut yakni untuk mengetahui bagaimana bentuk perlindungan yang diberikan perusahaan kepada buruh perspektif UU No.13 Tahun 2003 dan Hukum Ekonomi Syariah. Sementara tujuannya yaitu: 1)Untuk mendiskripsikan sistem kerja buruh di PT.Permata Citra Nusa Probolinggo. 2) Untuk mendiskripsikan problematika buruh dalam sistem kerja di PT.Permata Citra Nusa Probolinggo. 3)Untuk mendiskripsikan perlindungan hokum terhadap buruh di PT.Permata Citra Nusa Probolinggo perspektif UU No.13 Tahun 2003 dan Hukum Ekonomi Syariah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan Pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisa data dalam penelitian ini dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil dari penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa:1). PT.Permata Citra Nusa Probolinggo masih menerapkan sistem kerja tanpa adanya kontrak kerja dan sistem pengupahaannya tidak sesuai dengan upah minimum daerah. 2) problematika buruh dalam sistem tersebut terletak pada tidak adanya kontrak kerja dan pengupahannya karena upah yang diberikan perusahaan tidak mencukupi kebutuhan buruh. 3).Adapun perlindungan terhadap buruh masih kurang maksimal, karena perusahaan tidak memberikan perlindungan apapun terhadap buruh, baik itu perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja, jamsostek, dan pengupahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:03
Last Modified: 27 Mar 2023 07:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21052

Actions (login required)

View Item View Item