Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Plus Al-Amien Ambulu Tahun Pelajaran 2017/2018.

Musyafiah, Zakiyatul (2018) Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Plus Al-Amien Ambulu Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zakiyatul Musyafiah_084133041.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kepala sekolah adalah pemimpin pendidikan yang mempunyai peranan penting dalam mengembangkan lembaga pendidikan, yaitu sebagai pemegang kendali di lembaga pendidikan. Peran kepala sekolah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja guru, sehingga guru menjadi bersemangat dalam menjalankan tugasnya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru menyusun RPP di SMP Plus Al-Amien Ambulu tahun pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran di kelas di SMP Plus Al-Amien Ambulu tahun pelajaran 2017/2018? 3) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru mengevaluasi kegiatan pembelajaran di SMP Plus Al-Amien Ambulu tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru menyusun RPP di SMP Plus Al-Amien Ambulu tahun pelajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran di kelas di SMP Plus Al-Amien Ambulu tahun pelajaran 2017/2018. 3) Mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru mengevaluasi kegiatan pembelajaran di SMP Plus Al-Amien Ambulu tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis interaktif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Strategi kepala SMP Plus Al-Amien dalam meningkatkan kemampuan guru menyusun RPP yaitu dengan mengikuti MGMP, mengikutsertakan guru-guru dalam kegiatan diklat, workshop, dan lainlain juga mengadakan komunikasi atau rapat rutin setiap seminggu sekali yang dilaksanakan pada hari senin. 2) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru melaksanakan proses pembelajaran di kelas yaitu dengan mengadakan monitoring dan evaluasi atau yang biasa disebut dengan supervisi, dan untuk pelaksanaannya sendiri di SMP Plus Al-Amien dilakukan sebanyak dua kali dalam satu tahun atau lebih tepatnya dilakukan satu kali tiap semester. 3) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru mengevaluasi kegiatan pembelajaran yaitu dengan melakukan supervisi kunjungan kelas, dimana kepala sekolah melihat langsung proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sekaligus memberikan evaluasinya kepada guru yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 27 Mar 2023 07:03
Last Modified: 27 Mar 2023 07:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21055

Actions (login required)

View Item View Item