Strategi Spiritual Pedagang Dalam Persaingan Pasar Di Pasar Tegal Besar Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.

Mubarok, Achmad Hadi (2018) Strategi Spiritual Pedagang Dalam Persaingan Pasar Di Pasar Tegal Besar Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmad Hadi Mubarok_083144115.pdf

Download (5MB)

Abstract

Strategi spiritual adalah usaha untuk mengembangkan suatu rencana tindakan atau aksi yang akan dijalankan oleh seseorang ataupun organisasi yang termasuk dalam kategori lingkup kecil maupun besar, yang memanfaatkan atau berhubungan dengan sesuatu kekuatan tertinggi, kekuatan kreatif, zat yang memiliki segalanya, atau sumber keterbatasan energi atau dengan zat yang kasat mata. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah yang melatarbelakangi pedagang di Pasar Tegal Besar Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember dalam mengimplementasikan strategi spiritual pada usaha mereka, 2) Bagaimana implementasi strategi spritual pedagang di Pasar Tegal Besar Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember, dan 3) Apakah dampak yang dirasakan oleh pedagang setelah strategi spiritual diterapkan pada usaha yang dijalankan di Pasar Tegal Besar Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Memahami yang melatarbelakangi pedagang di Pasar Tegal Besar Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember dalam mengimplementasikan strategi spiritual pada usaha mereka, 2) Memahami implementasi strategi spritual pedagang di Pasar Tegal Besar Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember, dan 3) Memahami dampak dari penerapan strategi spiritual pada usaha yang dijalankan oleh pedagang di Pasar Tegal Besar Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan informannya mengunakan teknik purposive sampling. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisa menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya berbagai latarbelakang pedagang dalam menerapkan strategi spiritual, diantaranya: 1) Agar barang yang diperjual-belikan laris dan meningkatkan kesetiaan pelanggan, 2) sebagai langkah preventif dan mengharap keselamatan dari segala gangguan-gangguan eksternal, dan 3) sebagai penarik rezeki dan untuk mengharap agar diberikan tambahan rezeki dari kadar semestinya. Sedangkan cara-cara yang digunakan ada tiga yaitu 1) saat akan memulai berdagang, 2) saat menuggu pelanggan, dan 3) diluar kegiatan berdagang. Dampak-dampak yang dirasakan secara garis besar ada dua, yaitu 1) secara psikologi, semisal menumbuhkan sifat kepercayaan diri, tidak suuzan kepada pedagang lain saat ada kesepian pada usahanya,dan lebih tenang saat berdagang. 2) secara ekonomi, semisal meningkatkan jumlah pelanggan dan jumlah barang dagangan yang terjual meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:04
Last Modified: 28 Mar 2023 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21068

Actions (login required)

View Item View Item