Implementasi Manajemen Dalam Mengembangkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Pada Persada Agung Cabang Jember.

Abidin, Agus Zainal (2018) Implementasi Manajemen Dalam Mengembangkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Pada Persada Agung Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Agus Zainal Abidin_083134079.pdf

Download (6MB)

Abstract

Persada Agung adalah sebuah lembaga wadah ikatan guru ngaji yang fokus dibidang pengembangan masyarakat diluar pemerintah atau NonGovermental Organization (NGO) yang bergerak dibidang pendidikan, ekonomi, dan hukum. Hal ini dapat dilihat dari beberapa visi misi, divisi dan program kerja yang dimiliki oleh persada agung yang berusaha terus meningkatkan kejahteraan anggotanya. Untuk mempermudah dan mengarahkan proses penelitian maka penulis mencoba mengangkat beberapa hal yang berkaitan dengan pengembangan ekonomi oleh Persada Agung, sehingga kami mengangkat beberapa fokus penelitian diantaranya; 1) Bagaimana Persada Agung merencanakan program pengembangan kesejahteraan ekonomi dalam rangka mensejahterakan anggota? 2) Bagaimana Persada Agung melaksanakan program pengembangan kesejahteraan ekonomi dalam rangka mensejahterakan anggota? 3) Bagaimana Persada Agung mengevaluasi program pengembangan kesejahteraan ekonomi dalam rangka mensejahterakan anggota?. Tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mendekripsikan Persada Agung merencanakan program pengembangan kesejahteraan ekonomi dalam rangka mensejahterakan anggota. 2) Untuk mendekripsikan Persada Agung melaksanakan program pengembangan kesejahteraan ekonomi dalam rangka mensejahterakan anggota. 3) Untuk mendekripsikan Persada Agung mengevaluasi program pengembangan kesejahteraan ekonomi dalam rangka mensejahterakan anggota. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik Purposive Informant. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah; 1) Pola perencanaan yang dilakukan oleh Persada Agung meggunakan prinsip objektifitas, prosedural dan terprogram yang melahirkan program KUBE (Kelompok Usaha Bersama), LPPA (Lembaga Pertanian Persada Agung) dan Toko buku Persada. 2) Pelaksanaan pengembangan ekonomi yang telah dilakukan oleh Persada Agung menggunakan prinsip kekeluargaan, sementara program yang dijalankan yaitu; KUBE dan LPPA. Dengan pelaksanaan ini cukup mengantarkan annggotanya pada tingkat sejahtera Sejahtera II dan ada sebagian yang sudah mulai menginjak Sejahtera III dan Sejahtera III Plus. 3) Proses evaluasi yang dilakukan oleh Persada Agung Cabang Jember yaitu dengan mengutamakan prinsip kekeluargaan dan dilakukan dengan komunikasi non formal. Keynote: Manajemen, kesejahteraan ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:04
Last Modified: 28 Mar 2023 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21071

Actions (login required)

View Item View Item