Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pada Penyelepan Beras Di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.

Hasan, Ahmad (2018) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pada Penyelepan Beras Di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Hasan_083134130.pdf

Download (18MB)

Abstract

Tujuan dari bisnis adalah laba. Sementara itu, laba didapat dari selisih antara pendapatan dan biaya. Untuk hal tersebut maka pengertian mengenai pendapatan dan biaya sangat perlu dipahami oleh pengambil keputusan. Pendapatan (revenue) perusahaan berasal dari penjualan. Sementara itu nilai penjualan ditentukan oleh jumlah unit yang terjual (quality, Q) dan harga jual (price, P), atau lebih sederhana dikatakan, pendapatan = fungsi (quantity, price). Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan dari kegiatan penjualan ada 5 faktor yakni: 1. Penjual, 2. Kondisi pasar, 3. Modal, 4. Kondisi organisasi perusahaan dan 5. Faktor lain. Dimana faktor faktor tersebut harus diperhatikan agar tujuan tersebut dapat tercapai dengan sebagaimana mestinya. Dari sekian faktor yang ada peneliti hanya mengambil 3 faktor sebagai variabel penelitian, yakni 1. Tenaga Kerja, 2. Modal, dan 3. Mesin Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1. Apakah jumlah tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap pendapatan penyelepan beras? 2. Apakah modal berpengaruh signifikan terhadap pendapatan penyelepan beras? 3. Apakah jumlah mesin berpengaruh signifikan terhadap pendapatan penyelepan beras? 4. Apakah tenaga kerja, modal, dan mesin berpengaruh signifikan secara simultan terhadap pendapatan penyelepan beras? Tujuan penelitian ini antara lain adalah: 1) Untuk mengetahui besar pengaruh jumlah tenaga kerja terhadap pendapatan penyelepan beras. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh modal terhadap pendapatan penyelepan beras. 3) Untuk mengetahui besar pengaruh jumlah mesin terhadap pendapatan penyelepan beras. 4) Untuk mengetahui besar pengaruh tenaga kerja, modal, dan mesin secara simultan terhadap pendapatan penyelepan beras Penelitian ini adalah penelitian Field Research (penelitian lapangan) dengan jenis penelitian: kuantitatif deskriptif, populasi dalam penelitian adalah seluruh pemilik selep beras yang ada di Kecamatan Jenggawah, dengan diambil sampel menggunakan teknik Random Sampling, Sumber data tersebut diperoleh dengan cara kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis gergresi linier berganda. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan regresi linier ganda dan diuji menggunakan SPSS 16. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1. tidak ada pengaruh yang signifikan dari jumlah tenaga kerja terhadap pendapatan 2. tidak ada pengaruh yang signifikan dari modal terhadap pendapatan 3. ada pengaruh yang signifikan dari jumlah mesin terhadap pendapatan 4. variabel tenaga kerja, modal dan mesin secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap pendapatan 5. Variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi pendapatan adalah mesin. Kata kunci : Faktor-faktor pengaruh pendapatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:04
Last Modified: 28 Mar 2023 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21074

Actions (login required)

View Item View Item