Analisis Blue Ocean Strategy Melalui Kerangka Kerja Empat Langkah (studi kasus perusahaan Gojek Kabupaten Jember).

Zaini, Ahmad (2018) Analisis Blue Ocean Strategy Melalui Kerangka Kerja Empat Langkah (studi kasus perusahaan Gojek Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Zaini_083144122.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam menghadapi perkembangan pemasaran saat ini, Blue Ocean Strategy sangat diperlukan oleh perusahaan. Karena kesuksesan dan kegagalan suatu perusahaan tidak lepas dari strategi pemasaran yang baik. Oleh karena itu perusahaan harus memahami rangkaian perumusan Blue Ocean Strategy dengan melalaui kerangka kerja empat langkah, untuk keluar dari persaingan yang penuh berdarah-darah, dengan menciptakan sesuatu hal yang baru dan masih jarang persaingannya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana rangkaian perumusan Blue Ocean Strategy pada perusahaan Gojek Jember? 2) bagaimana analisis kerangka kerja empat langkah yang dilakukan perusahaan Gojek Jember? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan rangkaian perumusan Blue Ocean Strategy padaperusahaan Gojek Jember. 2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan analisis kerangka kerja empat langkah pada perusahaan Gojek Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan datanya menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman dengan tehnik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) Manfaat dari adanya perusahaan Gojek di Kabupaten Jember dapat memberikan peluang kerja baru dan mensejahterakan perekonomian masyarakat jember. Harga yang ditetapkan perusahaan terhadap layanan gojek sudah sangat terjangkau bagi kosumen. Dilihat dari perincian biaya tarif gojek perkilo, biaya gojek lebih menekan pada biaya pelayanan. Pengadopsian ide berdirinya perusahaan gojek berawal dari pengamatan bahwa ojek pangkalan kurang efektif sehingga diciptakan inovasi baru tentang ojek berbasis online. 2) Gojek menciptakan suatu produk baru yang bermerk dan fasilitas layanan online agar mudah dikenali masyarakat. Gojek mampu memberikan dan meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi para penumpang untuk memesan ojek online. Perusahaan mengurangi masalah yang terjadi pada Gojek dengan memperbaikinya lebih baik. Gojek menghapuskan proses negosiasi yang terjadi antara penumpang dengan driver.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:05
Last Modified: 28 Mar 2023 08:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21076

Actions (login required)

View Item View Item