Peranan Media Online Dalam Peningkatan Penjualan Batik Sumbersari Studi Kasus Batik Sumbersari Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso.

Kurniawan, Andry Rommy (2018) Peranan Media Online Dalam Peningkatan Penjualan Batik Sumbersari Studi Kasus Batik Sumbersari Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Andry Rommy Kurniawan_083144052.pdf

Download (5MB)

Abstract

Bondowoso termasuk wilayah Propinsi Jawa Timur, banyak yang belum mengetahui jika daerah ini memiliki kain batik yang tidak kalah uniknya dengan batik yang ada di daerah lain. Meski memiliki sejarah membatik, namun hampir tak ada catatan terkait pola desain dan motif dari batik asli Bondowoso. Di Bondowoso Sendiri beberapa produsen batik mulai sadar pentingnya media informasi sebagai alat promosi dan mengenalkan produknya secara Praktis dan cepat, terbukti dengan semakin meningkatnya penggunaan sejumlah media, baik media cetak maupun Online, termasuk produsen Batik Sumbersari Maesan ini Juga menggunakan sejumlah media agar tidak sampai ketinggalan oleh produsenprodusen batik lainnya, dari situ akan terlihat bagaimana pentingnya peran media dalam mengenalkan dan menarik Konsumen. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Strategi Pemasaran Batik Sumbersari dengan Media Online ? (2) Bagaimana Peranan Media Online terhadap Peningkatan Penjualan Batik Sumbersari ? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Strategi Pemasaran Batik dengan Media Online. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Peranan Media Online dalam Meningkatkan Penjualan Batik Sumbersari. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, sedang metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Strategi perusahaan Batik Sumbersari mempromosikan produk yang dijual dengan menggunakan media Online Website atau Blog (sumbersaribatik.wordpress.com) Instagram (@sumbersaribatikofficial), Facebook (SumbersariBatik & SumbersariBatik The Waroeng) dan Google Maps (Sumber Sari Batik – The Warung And Art Galeri). (2) Media Online memiliki peran penting dalam peningkatan volume penjualan Batik Sumbersari. Dari yang pada awalnya sistem promosi dan penjualan yang masih menggunakan cara tradisional kini lebih ditingkatkan dengan menggunakan Media online, dan terbukti dengan meningkatnya pendapatan dari penjualan yang mencakup wilayah nasional dengan target pasar menengah keatas. Kata Kunci : Media Online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:06
Last Modified: 28 Mar 2023 08:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21080

Actions (login required)

View Item View Item