Analisis Strategi Promosi Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi dalam Peningkatan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Banyuwangi.

Anggraini, Chusnul Khotimah (2018) Analisis Strategi Promosi Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi dalam Peningkatan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
CHUSNUL KHOTIMAH ANGGRAINI_083144095.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pariwisata Merupakan sektor yang dapat digunakan untuk mendongkrak sektor lain untuk tumbuh. Adanya lalu lalang wisatawan akan memberikan efek pada perekonomian. Banyuwangi memiliki banyak potensi wisata alam dan budaya. Kegiatan promosi gencar dilakukan untuk menarik kunjungan wisatawan. Peningkatan kunjungan wisatawan menjadai tolak ukur keberhasilan kegiatan promosi yang dilakukan DISBUPAR Banyuwangi. Maka strategi promosi berperan penting untuk mengenalkan objek wisata Banyuwangi agar wisatawan mau datang dan berkunjung ke objek wisata tersebut. Fokus masalah penelitian adalah: 1) Bagaimana strategi promosi wisata yang dilakukan DISBUPAR Banyuwangi dalam peningkatan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi?, 2) Apa saja faktor pendukung kegiatan promosi wisata yang dilakukan DISBUPAR Banyuwangi dalam peningkatan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi?, 3) Apa saja faktor penghambat kegiatan promosi wisata yang dilakukan DISBUPAR Banyuwangi dalam peningkatan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi?. Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan DISBUPAR Banyuwangi dalam peningkatan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung kegiatan promosi wisata yang dilakukan DISBUPAR Banyuwangi dalam peningkatan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi. 3) Untuk mengetahui faktor penghambat kegiatan promosi wisata yang dilakukan DISBUPAR Banyuwangi dalam peningkatan kunjungan wisatawan ke Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kegiatan bauran promosi wisata DISBUPAR Banyuwangi mampu meningkatkan kunjungan wisatawan secara signifikan, adalah dengan: a. periklanan (advertising) seperti iklan di televisi, radio, poster, dan baliho; b. promosi penjualan (salles promotion) menggunakan media pameran pariwisata; c. penjualan pribadi (personal selling) mengadakan travel mart; d. hubungan publik (public relation) dalam program publikasi dan events yang bekerjasama dengan pengusaha wisata dan lain-lain; e. pemasaran langsung (direct marketting) melalui fam trip serta pemasaran lewat jalur online. 2) Faktor pendukung promosi wisata Banyuwangi adalah: keanekaragaman seni dan budaya, dukungan pemerintah daerah, kerjasama antar SKPD, dan perkembangan teknologi informasi. 3) Faktor penghambat promosi wisata Banyuwangi adalah: minimnya anggaran pemerintah untuk pengembangan pariwisata, kurangnya keterlibatan masyarakat dalam pembangunan pariwisata, dan sedikit SDM yang dapat berbicara bahasa asing. Kata Kunci: Strategi, Promosi, Wisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150699 Tourism not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:05
Last Modified: 28 Mar 2023 08:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21081

Actions (login required)

View Item View Item