Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Pada Home Industry Batu Bata di Desa Tunggak Cerme Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo.

Karomah, Dyah Ericha (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Pada Home Industry Batu Bata di Desa Tunggak Cerme Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DYAH ERICHA KAROMAH_083 144 126.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena Industri rumah tangga batu bata merupakan industri rumah tangga yang memanfaatkan bahan baku berupa tanah dan diolah dengan proses pengolahan yang sederhana. Industri batu bata pada awalnya merupakan usaha sampingan bagi para petani untuk mencari pendapatan tambahan lain dari sektor pertanian. Namun, kini banyak petani yang mulai tertarik untuk mengembangkan industri batu bata dibandingkan dengan usahapertanian karena industri batu bata dianggap lebih menguntungkan Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pengaruh faktor-faktor produksi pada home industry batu bata di Desa Tunggak Cerme Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo baik secara parsial maupun simultan ? (2) Faktor produksi manakah yang sangat berpengaruh terhadap produksi pada home industry batu bata di Desa Tunggak Cerme Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo ? Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh faktor-faktor produksi pada home industry batu bata di Desa Tunggak Cerme Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo baik secara parsial maupun simultan. (2) mengetahui faktor produksi yang paling berpengaruh terhadap produksi pada home industry batu bata di Desa Tunggak Cerme Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Dalam pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan hasil uji F (secara simultan) nilai signifikansi sebesar 0,000 sehingga nilai signifikansi lebih kecil dari pada 0,05 (0,000 < 0,005) maka variabel tenaga kerja, modal dan bahan baku berpengaruh signifikansi terhadap produksi batu bata. Berdasarkan hasil uji T (secara parsial) nilai signifikansi variabel tenaga kerja yang dihasilkan sebesar 0,506, karena nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,506 > 0,05) maka tenaga kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap produksi pada home industry batu bata di Desa Tunggak Cerme Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo. Nilai signifikansi variabel modal lebih kecil dari 0,05 (0,003 < 0,05) dan nilai signifikansi variabel bahan baku juga lebih kecil dari 0,05 (0,004 < 0,05). Maka variabel modal dan bahan baku berpengaruh signifikan terhadap produksi home industry batu bata di Desa Tunggak Cerme Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo. (2) variabel yang paling berpengaruh terhadap produksi batu bata adalah modal. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji T dimana nilai signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,003. Kata kunci: Faktor-Faktor Produksi, Produksi, Home Industry Batu Bata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:07
Last Modified: 28 Mar 2023 08:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21084

Actions (login required)

View Item View Item