Pola Kemitraan Peternak Ayam Broiler Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember.

Efendi, Erfan (2018) Pola Kemitraan Peternak Ayam Broiler Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Erfan Efendi_083144131.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan usaha yang menarik dikaji di subsektor peternakan adalah usaha agribisnis ayam ras pedaging. Ayam pedaging disebut juga ayam broiler merupakan salah satu komoditi peternakan yang cukup menjanjikan karena prduksinya yang cukup cepat untuk kebutuhan pasar dibandingkan dengan ternak lainnya. Kabupaten jember, khususnya Desa Suco Kecamatan Mumbulsari merupakan salah satu wilayah yang mengembangkan peternak ayam daging (broiler). Pada daerah tersebut juga terdapat peternak yang tidak bermitra dengan perusahaan, sebagaimana kebanyakan peternak yang umumnya bermitra dengan perusahaan. Peternak yang dimaksud juga bukan peternak mandiri, melainkan peternak yang melakukan kerjasama dengan pengumpul (bakul) atau kemitraan perseorangan. Berdasarkan latar belakang yang peneliti paparkan maka fokus masalah yang yang diteliti yaitu: (1) Bagaimana pola kemitraan peternak ayam broiler di Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember? (2) Bagaimana pola kemitraan peternak ayam broiler dalam perspektif ekonomi islam? (3) Bagaimana kontribusi kemitraan peternak ayam broiler terhadap pendapatan masyarakat di Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Jember? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pola kemitraan peternak ayam broiler di Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember, (2) Untuk mengetahui pola kemitraan peternak ayam broiler dalam perspektif ekonomi islam, (3) Untuk mengetahui kontribusi kemitraan peternak ayam broiler terhadap pendapatan masyarakat di Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan sumber data menggunakan teknik Snowball sampling, sedang metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) pola kontrak kerjasama antara kemitraan perseorangan (bakul) dengan kemitraan perusahaan terdapat perbedaan. (2) Pola kerjasama antara peternak dengan kemitraan perseorangan (bakul) akad keuntungan tidak ditentukan diawal, namun apabila harga ayam naik dipasar maka meningkatnya harga tersebut dibagi dua oleh kemitraan perseorangan (bakul), sedangkan pola kerjasama kemitraan perusahaan keuntungan untuk peternak telah di tentukan diawal kontrak kerjasama. (3) Kemitraan ayam broiler merupakan suatu wahana bagi sebagian masyarakat di kecamatan mumbulsari desa suco yang bisa merangsang mereka untuk lebih giat bekerja dan berusaha. Kata Kunci : pola kemitraan ternak ayam broiler, pola kemitraan dalam perspektif ekonomi islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:07
Last Modified: 28 Mar 2023 08:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21086

Actions (login required)

View Item View Item