Perkembangan Industri Batik Di Banyuwangi Pasca Diberlakukannya Peraturan Bupati Banyuwangi Nomor 27 Tahun 2016 Tentang Pakaian Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Sa'adah, Faridhotus (2018) Perkembangan Industri Batik Di Banyuwangi Pasca Diberlakukannya Peraturan Bupati Banyuwangi Nomor 27 Tahun 2016 Tentang Pakaian Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FARIDHOTUS SA’ADAH_. 083 144 156.pdf

Download (2MB)

Abstract

UMKM batik dapat terus berkembang jika pemerintah mendukung dan berusaha membuat eksistensi batik sebagai ciri khas daerahnya melalui apapun kegiatan dan cara menunjukkan ciri khas batik Banyuwangi ke pada khalayak umum. Salah satu bentuk dan apresiasi terhadap batik dan kebudayaan Banyuwangi berupa adanya Peraturan Bupati Banyuwangi Nomor 27 tahun 2016 tentang Pakaian Dinas di lingkungan Kabupaten banyuwangi, sehingga berpengaruh terhadap perkembangan UMKM batik di banyuwangi. Fokus masalah pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perkembangan industri batik di Kabupaten Banyuwangi sebelum diberlakukannya Peraturan Bupati Banyuwangi Nomor 27 Tahun 2016? 2) Bagaimana perkembangan industri batik di Kabupaten Banyuwangi pasca diberlakukannya Peraturan Bupati Banyuwangi Nomor 27 Tahun 2016?. Sedangkan tujuan pada penelitian ini adalah Untuk mengetahui perkembangan industri batik di kabupaten Banyuwangi sebelum di berlakukannya Peraturan Bupati Banyuwangi Nomor 27 Tahun 2016. Untuk mengetahui perkembangan industri batik di kabupaten Banyuwangi pasca di berlakukannya Peraturan Bupati Banyuwangi Nomor 27 Tahun 2016. Untuk mengidentifikasi permasalahn tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data oleh penulis menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Dengan sumber data pemilik UMKM batik di Banyuwangi. Perkembangan industri batik di Kabupaten Banyuwangi sebelum diberlakukannya PERBUB no 27 tahun 2016, dapat disimpulkan bahwa masih terkendala dalam hal manajemen produksi dan juga masih belum adanya dukungan dari pemerintahan sendiri. Sedangkan Perkembangan industri batik di Kabupaten Banyuwangi setelah diberlakukannya PERBUB no 27 tahun 2016, dapat disimpulkan bahwa, industri-industri batik jauh berbeda dari sebelum adanya PERBUB. Industri-industri batik meningkatkan manajemen produksinya supaya mendapat output yang berkualitas dan memenuhi target permintaan. Keywords (kata kunci): UMKM, manajemen produksi dan perkembangan industri batik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:08
Last Modified: 28 Mar 2023 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21088

Actions (login required)

View Item View Item