Analisis Manajemen Operasional Jasa Logistik dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Kinerja Perusahaan di UD Sumber Ayu Kecamatan Puger.

Jannah, Fitroh Nurul (2018) Analisis Manajemen Operasional Jasa Logistik dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Kinerja Perusahaan di UD Sumber Ayu Kecamatan Puger. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FITROH NURUL JANNAH_083144194.pdf

Download (4MB)

Abstract

Saat ini persaingan bisnis jasa pengiriman barang yang semakin ketat mengharuskan perusahaan menerapkan manajemen operasional secara optimal yang nantinya akan mampu menghasilkan produk yang sesuai dengan standart yang diterapkan dengan tekhnik produksi yang seefisien mungkin. Oleh karena itu, manajemen operasional yang efektif dan efisien dipandang sangat perlu dalam mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan. Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan manajemen operasional pada perusahaan jasa logistik di UD. Sumber Ayu? 2) Bagaimana upaya perusahaan jasa Logistik UD. Sumber Ayu dalam meningkatkan efisiensi kinerja perusahaan? Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan proses manajemen operasional jasa logistik dalam upaya meningkatkan efisiensi kinerja perusahaan di UD Sumber Ayu Kecamatan Puger. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian field research, sedangkan tekhnik dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang meliputi pemilik sekaligus pimpinan perusahaan dan karyawan perusahaan. Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk melihat keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) manajemen operasional yang ada di UD Sumber Ayu meliputi layanan sebelum, saat, dan sesudah transaksi. Untuk kebijakan layanan pra transaksi, perusahaan tidak memberikan bukti secara tertulis (shipment document), tetapi memberikan bukti nota transaksi yang hanya diberikan kepada konsumen yang membeli dalam skala besar. Perusahaan menawarkan pelayanan keunggulan strategis yang terdiri dari 2 produk, harga yang ditetapkan disesuikan dengan harga di pasaran yang ada di kecamatan Puger, untuk perencanaan jangka panjang lokasi masih belum memikirkan bagaimana jika tambang penggalian batu kapur habis. Penerapan sistem Word of Mouth menjadi strategi promosi pada perusahaan. Dan Selama pemrosesan pesanan perusahaan mengutamakan komunikasi untuk menginformasikan hal penting antara pengirim dan penerima barang. Sedangkan untuk kebijakan pembayaran dilakukan setelah barang tersebut terkirim. 2) Dalam upaya meningkatkan efieinsi kinerja perusahaan, perusahaan berusaha memperbaiki kekurangan dan selalu berupaya dalam memprioritaskan pelayanan yang baik dan proses pemesanan yang mudah untuk pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150309 Logistics and Supply Chain Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:08
Last Modified: 28 Mar 2023 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21089

Actions (login required)

View Item View Item