Strategi Meningkatkan Produktivitas Industri Kreatif Di Kabupaten Banyuwangi

Anam, Haerul (2018) Strategi Meningkatkan Produktivitas Industri Kreatif Di Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Haerul Anam_083134134.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam kepemimpinan bapak abdullah azwar anas menjabat selama dua priode sebagai bupati membuat banyak terobosan-terobosan baru guna meningkatkan prioritas kota banyuwangi sebagai kota pariwisata dan menjadi percontohan industri kreatif di mancanegara, dengan adanya potensi pilot project industri kreatif di kabupaten banyuwangi. Dengan adanya industri kreatif meningkatkan perekonomian kabupaten banyuwangi, upaya pemkab yang berusaha mengembangkan industri kreatif dan akan memberikan dukungan seperti tenaga ahli, branding dan promosi, mengembangkan kreasi, jaringan. Fokus masalah yang di teliti dalam skripsi adalah: (1) apa saja industri kreatif di Kabupaten Banyuwangi? (2) bagaimana strategi meningkatkan produktivitas industri kreatif di Kabupaten Banyuwangi? Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apa saja industri kreatif di Kabupaten Banyuwangi? (2) untuk mengetahui strategi meningkatkan produktivitas industri kreatif di Kabupaten Banyuwangi? Metode penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif. Penetuan sumber data menggunakan teknik purposive sampling. Sedang metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi data. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Industri Kreatif di Kabupaten Banyuwangi: Pertama,UKM dan IKM bahasa dari masing-masing dinas koperasi dan UMKM, dinas perindustrian, karena industri kreatif yang dibina ada yang sama dan beda, sehingga dengan adanya kedua dinas dapat meningkatkan stabilitas industri kreatif dan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat di Kabupaten Banyuwangi. Kedua, dampak positif dan negatif dapat di jadikan bahan evaluasi dan tolak ukur industri kreatif ke depan dalam memproduksi produknya dengan kualitas produk dan kemasan yang menarik dan unik. (2) Strategi meningkatkan produktivitas industri kreatif di kabupaten banyuwangi yaitu: Pertama, rumah kreatif mempromosikan produktivitas melalui media sosial (Banyuwangi mall) dan memberikan pelayanan kepada pelaku usaha terkait kualitas produk, kemasan dan pengiriman produk, serta pelaku usaha dapat di bimbing pihak rumah kreatif alur transaksi melalui IT. Kedua, pelatihan setiap satu bulan sekali dapat mengasah kemampuan pelaku usaha industri kreatif untuk meningkatkan produktivitas dan menjalin kemitraan di pasar banyuwangi maupun luar banyuwangi. Kata Kunci : strategi, meningkatkan produktivitas, industri kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:08
Last Modified: 28 Mar 2023 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21091

Actions (login required)

View Item View Item