Strategi Pengembangan Industri Kerajinan Kuningan UD Abdullah Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso.

Khoiriyah, Halimatul (2018) Strategi Pengembangan Industri Kerajinan Kuningan UD Abdullah Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HALIMATUL KHOIRIYAH_083134139.pdf

Download (5MB)

Abstract

UD. Abdullah adalah suatu tempat produksi kerajinan kuningan yang sudah di lakukan secara turun temurun dengan kata lain merupakan warisan keluarga. Strategi pengelolaan yang tetap mempertahankan sistem pengelolaan yang sudah lama. Industri kerajinan kuningan UD. Abdullah yang berada tepatnya di Desa Cindogo Kecamatan Tapen ini tentunya bukan industri baru yang keberadaannya masih di ragukan, selain kerajinan kuningan tersebut sudah terjamin kualitasnya dan juga memiliki ciri khas sendiri dari ukiran pada produk yang dihasilkan. Karena tempat kerajinan tersebut merupakan tempat kerajinan kuningan yang berdiri sejak masa penjajahan yang dikelola oleh bapak Dora yang mana beliau merupakan bapak dari bapak H. Abdullah. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana product planning kerajinan kuningan pada UD. Abdullah?. 2) Bagaimana strategi pengembangan produk kerajinan kuningan pada UD. Abdullah? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Tujuan penelitian ini: 1) untuk mengetahui produk planning kerajinan kuningan UD. Abdullah. 2) Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan produk kerajinan kuningan pada UD. Abdullah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode atau tehnik, serta analisa datanya adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Product planning kerajinan kuningan pada UD. Abdullah Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso dalam tahapan pembuatan produk merupakan hasil pemikiran sendiri dimulai dari pemilihan bahan, penentuan desain, bentuk, warna dan ukiran, serta penentuan harga dan penentuan pasarnya itu berasal dari pemilik industri kerajinan kuningan. 2) Strategi pengembangan produk yang digunakan yaitu dengan memodifikasi produk yang menarik dari produk kerajinan kuningan, selain terdapat ukiran pada produk kuningan juga terdapat warna yang dilukis sehingga produk kuningan. Bukan hanya ukirannya yang terlihat menarik namun juga warna yang sesuai dengan ukiran tersebut sehingga produk kuningan terlihat lebih menarik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:08
Last Modified: 28 Mar 2023 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21092

Actions (login required)

View Item View Item