Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Wisata Organik Di Desa Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso

Ratnawati, Iis Sri (2018) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Wisata Organik Di Desa Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Iis Sri Ratnawati_083 144 040.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan wisata yang berbasis masyarakat lokal adalah pengembangan “Desa Wisata”. Desa wisata adalah Suatu kawasan pedesaan yang menawarkan keaslian pedesaan baik dari kehidupan sosial ekonomi, sosial budaya, adat istiadat, keseharian, memiliki arsitektur bangunan dan struktur tata ruang desa yang khas, atau kegiatan perekonomian yang unik dan menarik serta mempunyai potensi untuk dikembangkannya berbagai komponen kepariwisataan. Sebagaimana pengembangan Desa Wisata Organik di Desa Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Wisata Organik di Desa Lombok Kulon?(2) Bagaimana dampak pemberdayaan ekonomi melalui Wisata Organik dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Lombok Kulon? Peneliti ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Wisata Organik Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran di Desa Wisata Organik. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak pemberdayaan ekonomi melalui Wisata Organik dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Lombok Kulon. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, sedang metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan di desa wisata oganik lombok kulon maka dapat ditarik kesimpulan seagai berikut: 1.Pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan di desa lombok kulon melalui membangun kesadaran ekonmi masyarakat terlebih dahulu dengan diadakan sosoalisasi untuk menumbukan motivasi masyarakat, lalu dilakukan dengan membangun penguatan kapasitas bagi para pelaku usaha ekonomi. 2. Strategi pemberdayaan yang dilakukan desa wisata organik bersama masyarakat lokal yaitu: a. Pengembangan sumber daya manusia.b. pengembangan kelompok-kelompok c. Menyediakan informasi dan jejaringan. Dampak terhadap masyarakat itu banyak, dari sisi ekonomis misalnya kita punya beberapa homestay, sekitar 15, dan itu ada di masyarakat. Mereka yang dulu punya rumah besar, tidak terpakai, sekarang bisa ditempati seperti ketika ada tamu. Mahasiswa saja setiap minggu dari UNEJ sekitar 100 mahasiswa, mereka sewa ke masyarakat. Masyarakat mendapatkan itu. Dari sisi ekonomis kita sudah memberdayakan masyarakat sendiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140216 Tourism Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:08
Last Modified: 28 Mar 2023 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21096

Actions (login required)

View Item View Item