Analisis Penerapan Wadiah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember.

Megasari, Intan (2018) Analisis Penerapan Wadiah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Intan Megasari_083133196.pdf

Download (23MB)

Abstract

Kata Kunci: akadwadiah Secara umum wadiah adalah titipan murni dari pihak penitip (muwaddi’) yang mempunyai barang/asset kepada pihak penyimpan (mustauwda’) yang diberi amanah atau kepercayaaan, baik individu maupun badan hukum, tempat barang yang dititipkan harus dijaga dari kerusakan, kerugian, keamanan dan keutuhannya, dan dikembaikan kapan saja penyimpan menghendaki. Alasan penulis meneliti hal tersebut ingin mengetahui apakah prosedur serta pembagian bonus wadiah kepada nasabah sudah sesuai dengan dengan fatwa DSN-MUI atau belum. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan akad wadiah pada produk Tabungan dan Giro di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember? (2) Bagaimana penerapan fatwa DSN-MUI pada akad wadiah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember ? Tujuan dari penelitian tersebut adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan akad wadiah pada produk Tabungan dan Giro di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember? (2) Untuk mengetahui penerapan fatwa DSN-MUI pada akad wadiah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember ? Metode penelitian ini merupakan penelitian field research dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi observasi, wawancara, dandokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan akad wadiah pada prosedur pembukaan rekening tabungan dan giro wadiah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember sama-sama mengisi formulir dan menyerahkan kartu identitas baik perorangan maupun non perorangan seperti KTP/SIM/PASPOR atau identitas perusahaan/lembaga jika non perorangan, NPWP, tetapi setoran awal pembukaan rekening Giro wadiah lebih besar dari pada Tabungan wadiah dan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, baik prosedur pembukaan rekening, penarikan, serta pembagian bonus wadiah kepada nasabah sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. (2)Produk wadiah berupa giro dan tabungan di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan-ketentuan syariah yang berlaku, yaitu Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) No: 01/DSNMUI/IV/2000 tentang giro dan Fatwa DSN-MUI No: 02/DSN-MUI/IV/2000 tentang tabungan, serta Fatwa DSN-MUI No: 86/DSN-MUI/XII/2012 tentang hadiah dalam penghimpunan dana lembaga keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:08
Last Modified: 28 Mar 2023 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21099

Actions (login required)

View Item View Item