Peran Wisata Waduk Sidodadi dalam Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi.

Elviana, Luluk (2018) Peran Wisata Waduk Sidodadi dalam Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LULUK ELVIANA_083134126.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indonesia mempunyai banyak sekali ragam budaya dan kekayaan sumber daya alamnya, salah satu potensi sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan yaitu dengan menata kembali berbagai potensi kekayaan alam dan menjadikan pariwisata. Sektor pariwisata sebagai kegiatan perekonomian telah menjadi andalan dan prioritas pengembangan bagi sejumlah negara, terlebih bagi negara berkembang seperti Indonesia yang memiliki potensi wilayah yang luas dengan adanya daya tarik wisata cukup besar. Pengembangan bidang pariwisata diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, karena sektor pariwisata merupakan salah satu sektor non migas yang diharapkan dapat memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perekonomian negara. Salah satu tempat lahan perkebunan yaang dijadikan sebagai bendungan kemudian dimanfaatkan menjadi tempat pariwisata yaitu Wisata Waduk Sidodadi di Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Fokus penelitian yaitu, 1) bagaimana kondisi ekonomi masyarakat Karangharjo sebelum dan sesudah adanya Wisata Waduk Sidodadi di Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi? 2) bagaimana peran Wisata Waduk Sidodadi dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi? 3) apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat ekonomi masyarakat Karangharjo? Tujuan penelitian adalah 1) Mengetahui kondisi ekonomi masyarakat Sidodadi sebelum dan seduah adanya Wisata Waduk Sidodadi di Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. 2) Mengetahui Peran Wisata Waduk Sidodadi dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Karangharjo Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi 3) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung ekonomi masyarakat Karangharjo Metodologi penelitian adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, observasi partisipatif pasif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) kondisi perekonomian masyarakat Sidodadi yang bekerja diwaduk mengalami peningkatan pendapatan, sehingga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bisa terpenuhi. 2) peran Wisata Waduk Sidodadi dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat yaitu memeberikan peluang kerja dan membentu memberdayakan ekonomi mereka bagi yang bekerja diwaduk, sedangkan bagi masyarakat sekitar Wisata Waduk Sidodadi tidak mempunyai peran bagi mereka karena mereka tidak bekerja diwaduk. 3) Faktor pendukung ekonomi masyarakat Karangharjo yaitu peletakan tempat atau lokasi Waduk Sidodadi yang strategis, dan yang menjadi penghambat bagi masyarakat Karangharjo adalah batasan orang-orang pilihan atau tertentu saja yang bisa berjualan didalam lokasi Wisata Waduk Sidodadi Kata Kunci: Wisata Waduk Sidodadi dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140216 Tourism Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:09
Last Modified: 28 Mar 2023 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21102

Actions (login required)

View Item View Item