Analisis Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Agrowisata Kampung Kopi Lerek Gombengsari di Dusun Lerek Kelurahan Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi.

Hamidah, Lutfi Azka Ni'matul (2018) Analisis Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Agrowisata Kampung Kopi Lerek Gombengsari di Dusun Lerek Kelurahan Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LUTFI AZKA NI’MATUL HAMIDAH_083144102.pdf

Download (4MB)

Abstract

Salah satu upaya dalam mengurangi kesenjangan dapat dilakukan melalui program pembangunan daerah. Tujuan akhir program ini yaitu menghilangkan kemiskinan dan menciptakan pemerataan laju pertumbuhan antar daerah, yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing daerah. Oleh karena itu, pemberdayaan ekonomi pada masyarakat pelosok atau di desa maupun dusun-dusun itu sangat penting. Apalagi kini lagi trendnya pariwisata di Indonesia. Memanfaatkan kekayaan alam sebagai agrowisata adalah salah satu langkah yang tepat untuk memberdayakan masyarakat. Di kabupaten Banyuwangi ada agrowisata baru yakni kampung kopi lerek gombengsari. Kopi lego atau Kampong Kopi Lerek Gombengsari adalah penyebutan populer untuk lingkungan (dusun) Lerek, sebuah area perkebunan kopi di Banyuwangi yang dimiliki oleh masyarakat, yang berada di lereng gunung Ijen, di wilayah kelurahan Gombengsari, kecamatan Kalipuro. Berupa wisata kebun kopi dan wisata peternakan kambing etawa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui agrowisata kampong kopi Lerek Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi? (2) Bagaimana dampak agrowisata kampong kopi Lerek Gombengsari terhadap peningkatan perekonomian masyarakat dusun Lerek Kelurahan Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui agrowisata kampong kopi Lerek Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. (2) Untuk mengetahui dampak agrowisata kampong kopi Lerek Gombengsari terhadap peningkatan perekonomian masyarakat dusun Lerek Kelurahan Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, sedang metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Bentuk pemberdayaan ekonomi madyarakat melalui agrowisata kampung kopi lerek gombengsari terdiri dari tiga tahap, yakni tahap penyadaran, dimana memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya mengoptimalkan kekayaan alam. Kedua, tahap pengkapasitasan, dimana memberikan ketrampilan maupun pengetahuan kepada masyarakat. Ketiga, tahap pendayaan. Dimana memberikan ruang kepada masyarakat untuk turun aktif untuk mengaktualisasikan ketrampilan dan pengetahuannya langsung di lapangan. (2) dampak agrowisata kampung kopi lerek gombengsari terhadap peningkatan perekonomian masayrakat dusun lerek kelurahan gombengsari sangatlah besar, dimana kini telah ada homestay untuk wisatawan yang menginap, kedai kopi dan bahkan penjualan kopi khas lerek telah samapi ke berbagai kota samapi luar negeri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150699 Tourism not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:09
Last Modified: 28 Mar 2023 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21103

Actions (login required)

View Item View Item