Analisis Stimuli Pemasaran Dalam Keputusan Pembelian Suku Cadang Motor Bekas ( Pasar Gebang Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember).

Kamalia, Mega Sa'diatul (2018) Analisis Stimuli Pemasaran Dalam Keputusan Pembelian Suku Cadang Motor Bekas ( Pasar Gebang Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mega Sa’diatul Kamalia_083144047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada saat ini di Jember sendiri sudah sedikit maju. Dapat kita lihat di setiap sudut-sudut kota sudah banyak terdapat mall-mall atau toko-toko besar. Bahkan tidak jarang kita menemukan suatu mall atau toko yang menawarkan barang-barangnya dengan harga yang relatif murah. Mulai dari kebutuhan pokok sampai dengan barang-barang elektronik dan salah satunya suku cadang kendaraan bermotor. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana stimuli pemasaran dalam keputusan pembelian suku cadang bekas di Pasar Gebang Kabupaten Jember? 2) Bagaimana stimuli pemasaran yang ditinjau dari rangsangan pemasaran dan rangsangan lingkungan dalam keputusan pembelian suku cadang bekas di Pasar Gebang Kabupaten Jember? Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengambil narasumber sebanyak 10 informan dengan menggunakan metode purposiv sampling. Data yang diperoleh dianaliss dengan menggunkana reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui stimuli pemasaran dalam keputusan pembelian suku cadang bekas di Pasar Loak Gebang Kabupaten Jember. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan menarik kesimpulan bahwa : 1) Stimuli pemasaran akan suku cadang bekas motor yang ada di Pasar Loak Gebang ini sangatlah berepengaruh karena dengan adanya stimuli pemasaran ini membuat konsumen lebih tertarik dan memutuskan pembelian suku cadang motor bekas di Pasar Loak Gebang. Dengan adanya stimuli pemasaran ini akhirnya banyak masyarakat yang mengetahui bahkan sudah menjadi langganan konsumen suku cadang bekas di pasar loak ini. Dan ketertarikan konsumen akan suku cadang motor bekas tidak lepas dari faktor-faktor yang ada dalam stimuli pemasaran dan membuat para konsumen memutuskan untuk membeli suku cadang bekas dan dengan adanya stimuli pemasaran ini sangat membantu kesejahteraan masyarakat kota Jember. 2) Stimuli pemasaran yang ditinjau dari 2 rangsangan yaitu rangsangan pemasaran seperti produk, harga, tempat dan promosi dan rangsangan lingkungan seperti ekonomi, budaya, politik dan teknologi ini membuat masyarakat menjadi lebih tertarik karena rangsanganrangsangan tersebut menjadi unsur ketertarikan yang membuat para konsumen akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian suku cadang motor bekas di pasar loak gebang ini. Kata Kunci : Stimuli , Rangsangan Pemasaran, dan Rangsangan Lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:09
Last Modified: 28 Mar 2023 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21105

Actions (login required)

View Item View Item