Side Job Penambang Belerang Kawah Ijen dalam Pemenuhan Kebutuhan Keluarga di Desa Tamansari Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi.

Effendi, Moh Nur (2018) Side Job Penambang Belerang Kawah Ijen dalam Pemenuhan Kebutuhan Keluarga di Desa Tamansari Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh Nur Effendi_083144132.pdf

Download (4MB)

Abstract

Indonesia adalah negara yang banyak memiliki potensi sumber daya alam, salah satunya adalah hasil tambangnya. Negara ini memiliki banyak hasil tambang diantaranya seperti emas, tembaga, belerang, dan sebagainya. Salah satu hasil tambang adalah belerang. Belerang merupakan sumber daya alam yang sampai saat ini masih aktif berjalan. Di Banyuwangi tambang belerang terdapat di Kawah Ijen, Tepatnya di Desa Tamansari Kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi. Banyak masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai penambang belerang, namun kalau hanya mengandalkan bekerja sebagai penambang saja kebutuhan kurang bisa tercukupi. Dengan kebutuhan yang semakin meningkat, berbagai upaya dilakukan demi terpenuhinya kebutuhan keluarga. Apabila kebutuhan-kebutuhan tersebut tidak dipenuhi dengan baik, maka orang akan berusaha secara kreatif mencari cara misalnya mencari side job/ pekerjaan sampingan dan cukup bisa menjamin kelangsungan hidup keluarganya dimana penghasilan yang didapat lebih meningkat sifatnya, sehingga kebutuhankebutuhan bisa terpenuhi. Berdasrkan latar belakang diatas, terdapat dua fokus penelitian antara lain: 1) Apa saja side job penambang belerang Kawah Ijen dalam pemenuhan kebutuhan keluarga? 2) Bagaimanakah pendapatan penambang belerang Kawah Ijen sebelum dan sesudah memiliki Side job? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui side job penambang belerang Kawah Ijen dalam pemenuhan kebutuhan. 2) Untuk mengetahui pendapatan penambang belerang Kawah Ijen sebelum dan sesudah memiliki side job. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian yang didapat bahwa 1) selain menjadi penambang, side job yang dilakukan adalah sebagai guide/ pemandu wisata baik wisatawan lokal maupun asing, membuat dan menjual soufenir/kerajinan yang berbahan Belerang dengan berbagai model dan ukuran, menjadi ojek troli/ kereta dorong bagi wisatawan lokal maupun asing yang hendak mendaki, maupun turun Gunung Ijen, menjadi petugas kebersihan jalur pendakian dan juga ada yang beternak. 2) Pendapatan penambang belerang sebelum mempunyai side job/ pekerjaan sampingan dalam sehari yaitu antara Rp 100.000-Rp 150.000. Dimana dengan memiliki side job/ pekerjaan sampingan pendapatan para penambang belerang mengalami peningkatan mendi di kisaran Rp 150.000- Rp 300.000 dalam sehari. Dari hasil yang mereka dapatkan digunakan untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1603 Demography > 160301 Family and Household Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:09
Last Modified: 28 Mar 2023 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21107

Actions (login required)

View Item View Item