Upaya Peningkatan Kualitas Citra Merek Dalam Persaingan Pasar Global Di Lazarus Batik Jember

Hafid, Moh. (2018) Upaya Peningkatan Kualitas Citra Merek Dalam Persaingan Pasar Global Di Lazarus Batik Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOH. HAFID_083144013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena tingkat persaingan dunia usaha di Indonesia sangat ketat karena setiap perusahaan senantiasa berusaha untuk dapat meningkatkan pangsa pasar dan meraih konsumen baru, perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangi persaingan. Merek merupakan janji penjual untuk secara komsisten memberikan manfaat tertentu kepada pembeli. Batik Lazarus menjadi galeri batik nusantara meskipun di dalamnya lebih banyak batik Madura dan Jember. dan setiap bulannya bisa menghasilkan 500 potong kain per orang. Fokus pada penelitian ini adalah : a). Bagaimana upaya peningkatan kualitas citra merek dalam persaingan pasar global di Lazarus Batik Jember? b). Bagaimana cara mengatasi kendala dan solusi dalam persaingan pasar global di Lazarus Batik Jember? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk medeskripsikan cara meningkatkan kualitas citra merek dalam pesaingan pasar global di lazarus batik dan untuk mengetahui kendala dan solusi kualitas citra merek dalam persaingan global di lazarus batik. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: a). Toko Lazarus Batik Jember upaya meningkatkan citra merek menggunakan pengukuran subyektif, yakni a) Strengthness (Kekuatan) menyediakan berbagai macam batik, seperti batik Madura, b) Uniqueness (Keunikan) disana berbeda dengan toko lainnya yang bisa pesen motif dan bisa design baju sesuai dengan keinginan konsumen dan dan perbulannya disana setiap orang bisa menjual 500 potong kain. dan yang terakhir menggunakan c) Favorable (Kesukaan) konsumen agar mudah mengingatnya ada ciri khas tersendiri seperti batik Madura dengan ciri khas beras tumpah. Dalam meningkatkan kualitas citra merek dalam persaingan global di Toko Lazarus Batik Jember. b) Kendala dan solusi dalam persaingan global adalah sebagai berikut : Di Toko Lazarus Batik Jember belum bisa produksi batik di tempatnya sendiri, solusi nya mengupayakan pada nasa waktu yang akan datang bisa berproduksi di tempat, Kendala lain yang dialami Toko Lazarus Batik Jember adalah pada sistem pemesanan, di Toko Lazarus Batik Jember orang-orang memesan batik tulis dan untuk hasilnya kebanyakan berbeda namun tidak berbeda jauh, untuk solusinya jika konsumen tidak puas Toko Lazarus Batik Jember siap menggantinya. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Merek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:09
Last Modified: 28 Mar 2023 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21109

Actions (login required)

View Item View Item