Analisis Retribusi Pasar Tradisional di Kabupaten Jember Tahun 2014-2016.

Yasin, Moh. (2018) Analisis Retribusi Pasar Tradisional di Kabupaten Jember Tahun 2014-2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOH. YASIN_083 134 028.pdf

Download (22MB)

Abstract

Pasar merupakan suatu unit usaha yang memiliki peran strategis atas jalannya jaringan distribusi dari produsen ke konsumen yang membutuhkan suatu produk. Dengan demikian pasar dapat dikatakan sebagai penyediaan langsung kebutuhan harian masyarakat, dan berbagai intaraksi di dalamnya yang melibatkan unsur pemerintah, swasta, dan masyarakat (pedagang dan pembeli). Fokus Penelitian yang diteliti: 1)Bagaimana efektifitas retribusi pasar di Kabupaten Jember? 2)Berapa besar kontribusi retribusi pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Jember? Tujuan dalam penelitian ini: 1) Untuk mengetahui efektifitas di Kabupaten Jember Jember. 2) Untuk mengetahui kontribusi retribusi Pasar terhadap pendapatan asli daerah di Kabupaten Jember. Dalam penelitian ini, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat kualitatif-deskriptif yaitu suatu penelitian yang menggambarkan dan menguraikan suatu masalah. Peneliti berupaya untuk menjelaskan dan menggambarkan Analisis Retribusi Pasar Tradisional di Kabupaten Jember Tahun 2014-2016. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Rata-rata efektifitas pemungutan retribusi pasar di kabupaten Jember adalah sebesar 98,58 persen, hal ini menunjukkan bahwa secara rata-rata pemungutan retribusi pasar kurang berjalan secara efektif karena dalam dua tahun anggaran, angkanya hamper tidak melampaui angka 100 persen dan hanya pada tahun 2016 melampaui 100 persen dan ini pun di sebabkan karena targen dari sebelumnya di kurangi. 2) Kontribusi retribusi penerimaan retribusi pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jember selama Tahun anggaran 2014-2016 adalah ratarata sebesar 70,68 persen sedangkan kontribusi terhadap retribusi daerah adalah sebesar 33,86 persen. Peranan atau kontribusi tersebut masih kurang efektif sehingga kurang menunjang Pendapatan Asli Daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 28 Mar 2023 08:05
Last Modified: 28 Mar 2023 08:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21113

Actions (login required)

View Item View Item