Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Kesantunan Berbahasa Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Juliawati, Ayuk (2018) Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Kesantunan Berbahasa Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ayuk Juliawati_084 141 142.pdf

Download (4MB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember ini gurunya rata-rata adalah orang jawa, sehingga dalam berbahasa sehari-harinya menggunakan bahasa jawa. Sedangkan murid-murid di Madrasah rata-rata adalah dari golongan madura, karena lingkungan sekolah memang madura dan rumahnya pun memang dari golongan pedesaan. Interaksi antara siswa dengan gurunya tidak jauh berbeda ketika siswa berinteraksi dengan teman sebayanya, sehingga seperti tidak ada batasan antara guru dengan siswanya. Seorang murid seringkali menggunakan bahasa yang kurang sopan tanpa melihat batasan antara murid dan guru. Maka, di sini ada suatu upaya guru akidah akhlak dalam membentuk kesantunan berbahasa siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian adalah: (1)Bagaimana upaya guru akidah akhlak dalam membentuk kesantunan berbahasa lisan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? (2)Bagaimana upaya guru akidah akhlak dalam membentuk kesantunan berbahasa tulis siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian dalam penenlitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan upaya guru Akidah Akhlak dalam membentuk kesantunan berbahasa lisan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mendeskripsikan upaya guru Akidah Akhlak dalam membentuk kesantunan berbahasa tulis siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman dengan langkah-langkah antara lain koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitiannya adalah: (1) Salah satu upaya guru akidah akhlak dalam membentuk kesantunan berbahasa lisan siswa ialah dengan membimbing siswa. Hal ini dilakukan dengan menuntun siswa dan mengarahkan siswa sesuai tujuan yang ingin dicapai. Guru akidah akhlak di MTsN 5 Jember ini menerapkan hal tersebut melalui pembelajaran di kelas maupun melalui kegiatan-kegiatan di luar kelas dan dikaitkan dengan teori-teori mengenai akhlak terpuji. (2) Upaya guru akidah akhlak dalam membentuk kesantunan berbahasa tulis siswa adalah dengan menasehati, mengarahkan dan membimbing. Menasehati, mengarahkan dan membimbing ini lebih menekankan pada memberikan informasi terkait dengan kesantunan berbahasa tulis. Karena, semakin canggih ilmu teknologi maka semakin rendah etika anak terlebih dalam segi bahasa. Oleh karena itu, guru akidah akhlak berupaya untuk memberikan informasi melalui arahan-arahan terkait kriteria berbahasa tulis dengan santun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:45
Last Modified: 29 Mar 2023 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21129

Actions (login required)

View Item View Item