Jual Beli Pupuk Pertanian dengan Sistem Pembayaran Tangguh di Desa Pekauman Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso dalam Perspektif Fiqh Muamalah.

Riyaturruddin, Mr. (2018) Jual Beli Pupuk Pertanian dengan Sistem Pembayaran Tangguh di Desa Pekauman Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso dalam Perspektif Fiqh Muamalah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. RIYATURRUDDIN_083 122 126.pdf

Download (5MB)

Abstract

Salah satu perwujudan dari mu’amalah yang disyari’atkan oleh Islam adalah jual beli. Jual beli itu merupakan salah satu bentuk ibadah dalam mencari rezeki untuk memenuhi kebutuhan hidup tidak terlepas dari hubungan sosial. Jual beli yang sesuai dengan syari’at Islam adalah jual beli tidak mengandung unsur penipuan, kekerasan, kesamaran dan riba, juga hal lain yang dapat mengakibatkan kerugian pada pihak lain. Dalam praktiknya dikerjakan secara benar agar tidak terjadi saling merugikan antara kedua belah pihak. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana praktik jual beli pupuk pertanian dengan sistem pembayaran tangguh di desa Pekauman kecamatan Grujugan kabupaten Bondowoso?, 2) Bagaimana ketentuan jual beli pupuk pertanian dengan sistem pembayaran tangguh di desa Pekauman kecamatan Grujugan kabupaten Bondowoso?, 3) Bagaimana praktik dan ketentuan jual beli pupuk pertanian dengan sistem pembayaran tangguh di desa Pekauman kecamatan Grujugan kabupaten Bondowoso dalam perspekif fiqh muamalah?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui praktik jual beli pupuk pertanian dengan sistem pembayaran tangguh di desa Pekauman kecamatan Grujugan kabupaten Bondowoso, 2) untuk mengetahui ketentuan jual beli pupuk pertanian dengan sistem pembayaran tangguh di desa Pekauman kecamatan Grujugan kabupaten Bondowoso, 3) untuk mengetahui praktik dan ketentuan jual beli pupuk pertanian dengan sistem pembayaran tangguh di desa Pekauman kecamatan Grujugan kabupaten Bondowoso dalam perspektif fiqh muamalah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisis data, peneliti menggunakan analisis triangulasi sumber dan teknik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Praktik jual beli pupuk pertanian dengan sistem pembayaran tangguh di desa Pekauman kecamatan Grujugan kabupaten Bondowoso adalah para petani membeli pupuk kepada penjual dengan akad adanya tambahan harga sebesar Rp. 15.000/karung pupuk dengan pembayaran dilakukan setelah masa panen, 2) Ketentuan jual beli pupuk pertanian dengan sistem pembayaran tangguh di desa Pekauman, kecamatan Grujugan, kabupaten Bondowoso terdapat beberapa perjanjian yang dilakukan oleh penjual dan pembeli. Perjanjian tersebut perjanjian tidak tertulis (hitam di atas putih) dan tidak dengan adanya saksi, 3) Jual beli pupuk pertanian dengan sistem pembayaran tangguh di desa Pekauman kecamatan Grujugan kabupaten Bondowoso dalam perspektif fiqh muamalah adalah tidak sah karena salah satu faktor jual beli ketika melakukan pembelian dengan sistem tangguh tidak dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:45
Last Modified: 29 Mar 2023 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21130

Actions (login required)

View Item View Item