“Penerapan strategi The Learning Cell pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan tahun pelajaran 2017/2018”.

Pertiwi, Difakhrizani Laily (2018) “Penerapan strategi The Learning Cell pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan tahun pelajaran 2017/2018”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Difakhrizani Laily Pertiwi_084 141 094.pdf

Download (7MB)

Abstract

The Learning Cell adalah suatu bentuk belajar kooperatif dalam bentuk berpasangan, dimana antar siswa saling memberikan pertanyaan dan jawaban secara bergantian berdasarkan materi bacaan yang sama. Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang pengajar untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga akan memudahkan peserta didik menerima dan memahami materi pembelajaran, yang pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat dikuasai diakhir kegiatan belajar. Pendidikan SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya, setiap guru di lembaga tersebut dituntut untuk selalu berinovasi dalam kegiatan pembelajaran termasuk didalamnya adalah memilih strategi pembelajaran yang mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan menggunakan The Learning Cell dalam upaya mengaktifkan pesertadidiknya dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran The Learning Cell pada pembelajaran PAI kelas X SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan tahun pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran strategi The Learning Cell pada pembelajaran PAI kelas X SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan tahun pelajaran 2017/2018? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran The Learning Cell pada pembelajaran PAI kelas X SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan tahun pelajaran 2017/2018? Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian naratif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran PAI menggunakan The Learning Cell meliputi perencanaan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, penentuan media pembelajaran, menyusun langkah-langkah, alokasi waktu, dan evaluasi pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI meliputi pelaksanaan tujuan pembelajaran, pelaksanaan materi pembelajaran. Pada peretemuan pertama The Learning Cell yakni materi qona’ah dan syukur, sedangkan pertemuan kedua yakni materi ridha dan sabar. Media pembelajarannya sesuai yang ditulis pada RPP (papan tulis, laptop dan LCD), langkah-langkah strateginya yaitu peserta didik saling bertanya dan memberi jawaban, pelaksanaan alokasi waktu yang digunakan pada pertemuan pertama dan kedua 2x45 menit, pelaksanaan evaluasi pembelajaran evaluasi memberikan soal setiap akhir pertemuan dan nilai keaktifan diperoleh ketika peserta didik saling melontarkan dan saling memberi jawaban, jawaban yang benar mendapatkan nilai dalam bentuk bintang-bintang.3)Evaluasi pembelajaran PAI menggunakan The Learning Cell, yaitu evaluasi tujuan, penyampain materi,pengunaan media pembelajaran, penyusunan langkah-langkah strategi, alokasi waktu dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan pada akhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:45
Last Modified: 29 Mar 2023 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21135

Actions (login required)

View Item View Item