Nikmah, Durrotun (2018) Kontribusi Program Boarding School dalam Membina Spiritual Quotient (SQ) Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan. Fakulras Tarbiyah dan Ilmu Keguruan: Pendidikan Agama Islam. (Unpublished)
Text
Durrotun Nikmah_084 141 089.pdf Download (85MB) |
Abstract
Pada era globalisasi sekarang ini banyak sekali pelajar yang terjerumus dalam hal-hal yang bersifat negatif seperti tawuran, minum-minuman keras, pergaulan bebas dan banyak lagi lainnya. Dari hal itulah perlu adanya suatu inovasi pendidikan yang mampu menciptakan manusia yang berkualitas dan berkarakter Islami. Untuk itu, Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan mendirikan pendidikan yang mengintegrasikan antara pengetahuan umum dan pengetahuan agama sebagai salah satu solusi yang baik bagi orang tua dan anak dalam mengatasi tantangan yang terjadi pada zaman sekarang ini. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimanakah pelaksanaan program boarding school dalam membina spiritual quotient siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan? 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan program boarding school dalam membina spiritual quotient siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program Boarding School dalam membina spiritual quotient siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan program Boarding School dalam membina spiritual quotient siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitian menganalisis Kontribusi Program Boarding School dalam Membina Spiritual Quotient (SQ) Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran atau lukisan secara sistematis. Faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Dalam penentuan subyek penelitian ini menggunakan teknik Purposive. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Pelaksanaan program boarding school dalam membina spiritual quotient siswa terbagi menjadi tiga macam yakni a) Kurikulum program asrama b) Metode dalam membina kecerdasan spiritual siswa c) kegiatan asrama.2. Faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan program Boarding School dalam membina spiritual quotient siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pasuruan berupa a) faktor pendukung terdiri dari guru yang berkualitas, sarana prasarana yang memadai dan adanya kerja sama antara pihak madrasah, asrama, dan masyarakat b) faktor penghambat terdiri dari latar belakang siswa yang berbeda, rendahnya motivasi siswa, dan jadwal kegiatan yang terlalu padat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 06:49 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 06:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21137 |
Actions (login required)
View Item |