Kontribusi Pekerja Migran Indonesia (PMI) terhadap Perubahan Perekonomian Masyarakat Desa Tiremenggal Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik.

Maskhunnainiyah, Ms. (2018) Kontribusi Pekerja Migran Indonesia (PMI) terhadap Perubahan Perekonomian Masyarakat Desa Tiremenggal Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. MASKHUNNAINIYAH_083 144 019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berbicara mengenai Pekerja Migran Indonesia di luar negeri sepertinya sudah menjadi hal yang biasa di masyarakat desa di Indonesia, khususnya di Desa Tiremenggal. Desa Tiremenggal merupakan salah satu desa di Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik dan sebagian besar penduduk desa ini bekerja sebagai PMI. Warga desa yang menjadi PMI sebanyak 283 orang. Dengan keberhasilan mereka bekerja sebagai PMI mereka berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kontribusi Pekerja Migran Indonesia (PMI) terhadap Perubahan Perekonomian Masyarakat Desa Tiremenggal Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik? Penelitian ini bertujuaan untuk Mengetahui Kontribusi Pekerja Migran Indonesia (PMI) terhadap Perubahan Perekonomian Masyarakat Desa Tiremenggal Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pekerja Migran Indonesia berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan khususnya perubahan perekonomian masyarakat Desa Tiremenggal. Kontribusi tersebut dapat dilihat dari kehidupan sosial ekonomi masyarakat, karena disamping dapat meningkatkan perekonomian masyarakat juga mempunyai dampak sosial lain seperti perubahan perilaku dan gaya hidup. Upah hasil kerja sebagai PMI tidak hanya sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari, tetapi juga digunakan untuk kebutuhan lain. Seperti biaya pendidikan, biaya kesehatan, biaya perbaikan rumah, membeli sawah atau tambak dan kebutuhan modal usaha. Kata kunci: Kontribusi, PMI, Perubahan Ekonomi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:46
Last Modified: 29 Mar 2023 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21141

Actions (login required)

View Item View Item