Penguatan Materi pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Kitab Jawahirul Kalamiyah Di Sekolah Menengah Atas Unggulan Badan Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Darus Sholah Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2016/2017.

Wahyuningsih, Elok (2017) Penguatan Materi pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Kitab Jawahirul Kalamiyah Di Sekolah Menengah Atas Unggulan Badan Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Darus Sholah Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elok Wahyuningsih_084 131 313.pdf

Download (11MB)

Abstract

SMA Unggulan BPPT Darus Sholah menjadi sekolah yang memiliki rentetan kegiatan yang mendukung dalam segi keagamaan, baik dari intra maupun ekstrakurikuler seperti halnya kajian kitab kuning. Lembaga swasta ini selain mata pelajaran PAI ada pula mata pelajaran yang dapat dikatakan sebagai penguat pada rumpun mata pelajaran PAI yang diantaranya ialah materi fiqih melalui kitab Tadzhib yang disertai dengan LKS, materi akidah akhlak, Tahfidzul Qur’an, Bahasa Arab, Nahwu Shorrof, dan materi Tauhid melalui kitab Jawahirul Kalamiyah yang diadopsi sebagai mata pelajaran keagamaan disekolah. Fokus penelitian ini: (1) Bagaimana penguatan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui kitab Jawahirul Kalamiyah (2) Apa saja faktor penunjang penguatan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui kitab Jawahirul Kalamiyah di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember? (3) Apa saja faktor penghambat penguatan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui kitab Jawahirul Kalamiyah di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan penguatan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui kitab Jawahirul Kalamiyah. (2) Mendeskripsikan faktor penunjang penguatan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui kitab Jawahirul Kalamiyah. (3) Mendeskripsikan faktor penghambat penguatan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui kitab Jawahirul Kalamiyah di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember Tahun pelajran 2017/2018. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informan menggunaan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur/terbuka, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Analisa data deskriptif menggunakan model interaktif Miles dan Huberman melalui langkah koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data meggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Penguatan Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Kitab Jawahirul Kalamiyah merupakan penguatan dalam aspek akidah. 2) Faktor Penunjang Penguatan Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Kitab Jawahirul Kalamiyah meliputi :Adanya fasilitas, sarana dan prasana, materi yang terkandung dalam kitab terbilang mudah, sederhana dan terperinci, penyajian materi dalam kitab Jawahirul Kalamiyah dikonsep menggunakan metode Tanya Jawab disertai terjemahan. 3) Faktor Penghambat Penguatan Materi Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Kitab Jawahirul Kalamiyah di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember meliputi: Ketimpangan pengetahuan siswa dalam pendidikan agama, latar belakang siswa yang mana sebagian sebagai santri namun sebagiannya hanya siswa biasa atau siswa fullday school, Kurangnnya pemanfaatan sarana dan prasana, Kurangnya variasi metode. Didalam kegiatan belajar mengajar guru masih menggunakan metode ceramah dan membaca keras saja, serta seringnya jam kosong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:46
Last Modified: 29 Mar 2023 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21142

Actions (login required)

View Item View Item