Analisis Dampak Keberadaan Ojek Online Terhadap Pendapatan Sopir Angkot di Kabupaten Jember

Tantowi, Muhammad Ayyub (2018) Analisis Dampak Keberadaan Ojek Online Terhadap Pendapatan Sopir Angkot di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Ayyub Tantowi_083144154.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin yaitu transportasi. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Transportasi sendiri dibagi 3 yaitu, transportasi darat, laut, dan udara. Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia mengalami transformasi dalam hal transportasi. Perkembangan teknologi yang semakin modern telah merambah dunia transportasi di Indonesia. Hal ini terlihat dari bermunculannya model transportasi berbasis online pada kota-kota besar di Indonesia. Dengan tingginya permintaan masyarakat Indonesia akan model transportasi ojek online maka bermunculan beberapa perusahaan ojek online antara lain: gojek dan uber. Perusahaan gojek telah membuka dibeberapa cabang, salah satunya dikota Jember. Gojek mulai beroperasi di Jember pada tahun 2017. Dari informasi yang diperoleh timbulah sebuah permasalahan yaitu dengan banyaknya jumlah driver gojek di Jember yang beroperasi menyebabkan persaingan antara driver gojek dengan sopir angkot, hal ini lah yang membuat pendapatan sopir angkot menurun. Berdasarkan latar belakang diatas, terdapat dua fokus penelitian antara lain: 1) Bagaimana pendapatan sopir angkot sebelum dan sesudah keberadaan gojek di Kabupaten Jember? 2) Bagaimana solusi yang tepat untuk meningkatkan pendapatan sopir angkot? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pendapatan sopir angkot sebelum dan sesudah keberadaan gojek di Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui solusi yang tepat untuk meningkatkan pendapatan sopir angkot. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian yang di dapat menunjukan bahwa: 1) dampak keberadaan ojek online terhadap pendapatan sopir angkot, mengalami penurunan dalam orderan penumpang, pendapatan sopir angkot berkurang setiap harinya sehingga tidak mencapai setoran, adanya aksi demo yang dilakukan para sopir angkot di depan Kantor Pemkab Kabupaten Jember, karyawan angkutan kota terancam pengangguran. 2) terjadi deklarasi damai yang dilakukan antara sopir angkot dan ojek online pada tanggal 13 agustus 2018 yang menjadi peraturan bagi ojek online dan juga menjadi solusi bagi para sopir angkot untuk meningkatkan pendapatannya. Kata kunci: Ojek online dan pendapatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:46
Last Modified: 29 Mar 2023 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21149

Actions (login required)

View Item View Item