Peran Kredit Modal Kerja Koperasi Wanita Al-Hikmah Dalam Memberdayakan Perempuan di Dusun Sukmoilang Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember

Hasanah, Muqodimatul (2018) Peran Kredit Modal Kerja Koperasi Wanita Al-Hikmah Dalam Memberdayakan Perempuan di Dusun Sukmoilang Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muqodimatul Hasanah_083134080.pdf

Download (4MB)

Abstract

Salah satu yang terlibat dalam usaha kecil adalah para perempuan, dan untuk mengembangkan usahanya para perempuan menambah modal dengan cara meminjam ke lembaga keuangan. Melalui lembaga keuangan ini usaha perempuan akan semakin diberdayakan dan akan semakin berkembang. Pemberdayaan ini bertujuan untuk kemaslahatan masyarakat terutama para perempuan yang ingin menyempurnakan taraf hidupnya dalam segala bidang terutama bidang perekonomian, karena jika dalam masyarakat bidang perekonomian telah teratasi maka kemakmuran hidup masyarakat akan tercapai. Misalnya, lembaga keuangan yang ada di Desa Pace Dusun Sukmoilang yaitu Koperasi Wanita Al-Hikmah. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses pemberian modal kerja di koperasi wanita Desa Pace Dusun Sukmoilang?, 2) Bagaimana kontribusi kredit modal kerja dalam memberdayakan perempuan di Desa Pace Dusun Sukmoilang? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses pemberian modal kerja di koperasi wanita Desa Pace Dusun Sukmoilang, 2) Untuk mengetahui kontribusi kredit modal kerja dalam memberdayakan perempuan di Desa Pace Dusun Sukmoilang. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian lapangan dan analisis deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti memperoleh kesimpulan bahwa 1) proses pemberian kredit modal kerja di koperasi wanita di desa Pace dusun Sukmoilang yaitu dengan syarat: a. Harus warga atau masyarakat Sukmoilang, b. Harus mempunyai usaha; c. Berjenis kelamin perempuan. Sedangkan prosedur peminjaman modal kerja ialah dengan cara menyerahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan membuat perjanjian 2) kontribusi yang diberikan koperasi wanita Al-Hikmah ialah: a. Memberi pinjaman modal kerja kepada para perempuan, b. Membantu meringankan beban modal usaha, c. Membantu pengembangan usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:47
Last Modified: 29 Mar 2023 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21157

Actions (login required)

View Item View Item