Upaya Penguatan Brand Jeruk Semboro oleh Petani Jeruk di Desa Sidomekar.

Ikhromah, Khotijatul (2018) Upaya Penguatan Brand Jeruk Semboro oleh Petani Jeruk di Desa Sidomekar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khotijatul Ikhromah_083144063.pdf

Download (6MB)

Abstract

Brand merupakan salah satu aset berharga yang dimilik pemasar. Tanpa adanya brand maka akan terjadi kesulitan dalam membedakan suatu produk dengan produk lainnya. Merek atau brand dapat dikatakan sebagai janji penjual untuk menyampaikan kumpulan sifat, manfaat, dan jasa spesifik secara konsisten kepada pembeli. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana upaya penguatan brand jeruk semboro oleh petani jeruk di desa Sidomekar? 2. Bagaimana kontribusi pemerintah Desa Sidomekar dalam upaya penguatan brand jeruk Semboro?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan upaya penguatan brand jeruk semboro oleh petani jeruk di desa Sidomekar. 2. Untuk mendeskripsikan kontribusi pemerintah Desa Sidomekar dalam upaya penguatan brand jeruk Semboro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, penetuan subjek menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan mengambil data kepala desa, petani jeruk, dan pengepul jeruk. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriprtif dengan menggunakan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Upaya penguatan brand jeruk Semboro yang dilakukan oleh petani jeruk yaitu, Pertama, membangun kepercayaan konsumen dengan cara menciptakan nilai dan kepuasan pelanggan. Kedua, membentuk citra merek dengan faktor yang mempengaruhi seperti keunggulan, kekuatan, dan keunikan. Ketiga, menciptakan nilai merek dengan cara memperbaiki mutu jeruk. Keempat, membentuk ekuitas merek atau nilai tambah dengan cara membentuk ingatan dan keterterikan konsumen terhadap jeruk Semboro. 2. Kontribusi yang dilakukan oleh pemerintah Desa Sidomekar dalam penguatan brand jeruk Semboro yaitu, Pertama, menyediakan sarana produksi seperti pupuk, pestisida, dan alat pertanian yang mendukung proses produksi jeruk Semboro. Kedua, menyediakan sarana pengangkutan atau transportasi untuk menyebarluaskan produk jeruk Semboro. Ketiga, strategi promosi yang dilakukan dengan ikut serta dalam event karnaval yang diselenggarakan oleh pemerintah desa dan membuat icon Desa Sidomekar. Kata Kunci: Brand, Jeruk Semboro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:47
Last Modified: 29 Mar 2023 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21158

Actions (login required)

View Item View Item