Upaya Himpunan Mahasiswa Patani Thailand Selatan Indonesia Jember dalam membentuk karakter religius, intelektual dan profesional Mahasiswa.

Cheleng, Mariyae (2018) Upaya Himpunan Mahasiswa Patani Thailand Selatan Indonesia Jember dalam membentuk karakter religius, intelektual dan profesional Mahasiswa. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mariyae Cheleng_084131074.pdf

Download (4MB)

Abstract

HMPI sebagai suatu wadah pengaderan mahasiswa patani Thailand selatan Indonesia yang berorganisasi pada kegiatan kemahasiswaan dan karya kekaryaan. HMPI memiliki peran untuk membentuk karakter Religius, interlektual, dan professional melalui kegiatan-kegiatan seperti kegiatan tahunan, bulanan, mingguan seperti kegiatan sholat berjumah bersama-sama, membaca yasin bersama-sama yang dilakukan setiap malam jumat dan acara bukapuasa bersamasama pada bulan puasa untuk membentuk karakter Religius selain itu untuk membentuk karakter Intelektual diadakan kegiatan diskusi setiap hari sabtu dan olah raga bersama setiap hari minggu. Fokus penelitian ini adalah: 1), Bagaimana upaya himpunan mahasisiwa Patani Thailand Selatan Indonesia Jember dalam membentuk karakter religius mahasiswa?. 2) Bagaimana upaya himpunan mahasisiwa Patani Thailand Selatan Indonesia Jember dalam membentuk karakter intelektual mahasiswa?. 3) Bagaimana upaya himpunan mahasisiwa Patani Thailand Selatan Indonesia Jember dalam membentuk karakter professional mahasiswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan informasi menggunakan: purposive sampling. Teknik pengupulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan: triangulasi sumber dan triangulasi teknik Penelitian ini menghasilkan: 1), Dalam membentuk karakter religius mahasiswa, mahasiswa patani thailand mengadakan pengajian yang dilaksanakan setiap malam jum,at dengan mengisi hal-hal positif seperti yang mahasiswa patani lakukan dengan mengadakan pengajian yang mana di dalamnya terdapat kegiatankegiatan yang positif. 2), Kegiatan yang sering dilaksanakan adalah diskusi yang dilakukan oleh para mahasiswa patani Thailand yang mana diskusi itu dilaksanakan setiap hari minggu yang di mulai pada jam 9.00-12.00 WIB. Didalam diskusi ini mereka saling bertukar pikiran untuk mengasah kemampuan mereka. 3), Penerapan sikap keteladanan serta kedisiplinan itu sangat penting dalam membentuk karakteristik professional mahasiswa karena dengan di terapkannya sikap teladan tersebut mahasiswa dapat menirukan hal-hal yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:48
Last Modified: 29 Mar 2023 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21162

Actions (login required)

View Item View Item