Upaya Guru Fiqih dalam Menanamkan Budaya Shalat Berjamaah Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al Barokah An-Nur Ajung Jember Tahun Ajaran 2018.

Hasany, Mohammad Robith Al (2018) Upaya Guru Fiqih dalam Menanamkan Budaya Shalat Berjamaah Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al Barokah An-Nur Ajung Jember Tahun Ajaran 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Robith Al Hasany_084 141 484.pdf

Download (25MB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Al-Barokah An-Nur Ajung Jember merupakan pendidikan tingkat menengah pertama yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren yang tentunya sangat memperhatikan pendidikan agama, lebih-lebih mengenai fiqih ibadah. Akan tetapi keadaan tersebut tidak serta merta membuat setiap peserta didik mampu mengimplementasikan ibadah dengan baik, sebab masih terdapat siswa yang terlambat dan kurang antusias dalam mengikuti kegiataan keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Al Barokah An-Nur. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Guru Fiqih dalam Upaya Menanamkan Budaya Shalat Dzuhur Berjamaah Siswa Kelas VII di MTs Al Barokah An-Nur Ajung Jember? 2) Bagaimana Pelaksanaan Guru Fiqih dalam Upaya Menanamkan Budaya Shalat Dzuhur Berjamaah Siswa Kelas VII di MTs Al Barokah An-Nur Ajung Jember? 3) Bagaimana Evaluasi Guru Fiqih dalam Upaya Menanamkan Budaya Shalat Dzuhur Berjamaah Siswa Kelas VII di MTs Al Barokah An-Nur Ajung Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara bebas terpimpin , observasi partisipan aktif dan dokumenter. Analisis data deskriptif menggunakan model Miles dan Huberman melalui langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi tenik dan sumber. Hasil penelitian: 1) Kegiatan shalat dzuhur berjamaah di MTs Al Barokah An-Nur Ajung Jember adalah salah satu upaya guru fiqih dalam mengembangkan pembelajaran di kelas VII. Perencanaan guru dalam kegiatan shalat dzuhur berjamaah meliputi terbentuknya program kegiatan, jadwal kegiatan, pengawasan kegiatan, dan absensi kegiatan yang dilakukan secara dadakan dibawah tanggung jawab pengurus organisasi siswa kelas IX, serta diterapkannya tata tertib dalam setiap kegiatan. 2) Dalam pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah di MTs Al Barokah An-Nur dilaksnakan pada pukul 11:45 WIB dengan pembagian kelompok shalat dan diwajibkan untuk seluruh siswa-siswi serta seluruh guru dan karyawan di lembaga tersebut. 3) Evaluasi guru dalam kegiatan shalat dzuhur berjamaah meliputi absensi daftar hadir siswa, daftar pelanggaran siswa. Sedangkan faktor penghambat kegiatan shalat dzuhur berjamaah ialah pengawasan dari pihak guru madrasah yang masih minim, penanganan yang kurang tepat kepada siswi yang berhalangan (haid), sarana tempat wudhu yang kurang memadai walaupun beberapa terfasilitasi. Sedangkan solusinya ialah seharusnya guru diberikan tanggung jawab untuk berperan aktif dalam kegiatan tersebut, membagi kelompok shalat, serta menyediakan kegiatan lain bagi siswi-siswi yang berhalangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:48
Last Modified: 29 Mar 2023 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21166

Actions (login required)

View Item View Item